• Berita Terkini

    Senin, 08 Februari 2021

    LIPI: Warga Terdampak Longsor Diminta Mengungsi


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-  Ketua Tim Tanggap Bencana Balai Informasi dan Konservasi Kebumian (BIKK) Sueno Windhutomo ST  memaparkan hasil kajian terkait bencana longsor yang terjadi di Desa/Kecamatan Pejagoan dan Desa Kedungwinangun (Klirong).  Sueno Windhutomo  menyampaikan, bencana longsor di wilayah itu dipicu gerakan air tanah dan adanya tanah jenuh air. 


    Terkait bencana ini, Sueno Windhutomo merekomendasikan sejumlah hal. Pertama, warga terdampak bencana agar segera mengungsi ke lokasi yang lebih aman. Di saat yang sama, masyarakat yang berada/tinggal dekat lokasi bencana perlu meningkatkan kewaspadaan terutama pada saat dan setelah hujan deras yang berlangsung lama.  


    Selain, itu Sueno Windhutomo merekomendasikan pihak terkait agar mengelola dan mengatur kembali drainase dimulai dari pemukiman. Juga, mengurangi kemiringan tebing sungai serta melakukan langkah penyelamatan tebing sungai dengan bronjong untuk mengurangi arus turbulensi.


    Sueno Windhutomo menyampaikan, hasil survei dan kajian ini telah disampaikan kepada  Pemkab Kebumen dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen.


    Kepala BIKK Karangsambung LIPI Indra Riswadinata MH turut mendukung kegiatan tersebut. Pihaknya mengatakan Survey dilakukan untuk memperoleh kajian ilmiah yang akan digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan pemerintah melalui BPBD Kabupaten Kebumen dalam memitigasi bencana longsor tersebut. 


    Disamping itu, menurut Indra, kegiatan ini bermanfaat bagi Peneliti Geoteknologi di BIKK Karangsambung LIPI dalam mengaplikasikan kepakarannya untuk mengkaji fenomena geologi dan berkontribusi bagi pembangunan di Kebumen.


    Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kebumen Teguh Kristiyanto MT menyambut baik sinergi tersebut. Menurutnya, penanganan bencana di Kebumen menjadi tanggungjawab banyak pihak. “Dengan adanya sinergi antar lembaga, diharapkan dapat meminimalisir kendala sektoral sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik,” ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top