• Berita Terkini

    Jumat, 11 September 2020

    Uniknya Merdi Bumi di Desa Sampang, Sempor Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Lain lubuk lain ikan, lain padang lain belalang. Peribahasa itu tepat menggambarkan tradisi warga di Kabupaten Kebumen memeringati tradisi bersih desa atau merdi bumi.

    Seperti yang dilakukan warga Desa Sampang Kecamatan Sempor ini. Warga setempat, memilih memamerkan hasil bumi di atas panggung. Alhasil, aneka hasil bumi seperti kacang, Pete, jengkol, padi serta hasil bumi lainnya digelar dan digantung di sebuah panggung yang didirikan di halaman rumah kepala desa setempat. Kemudian warga membawa ingkung ke lokasi, menggelar doa bersama serta acara diakhiri santap bersama.

    Acara yang digelar Jum’at (11/9/2020) itupun berlangsung semarak. Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, Asisten 1 Sekda Kebumen, Kadisperkim LH Kebumen, Kabag Kesra Kebumen, Forkopimcam Sempor, Kepala Desa serta unsur masyarakat Desa Sampang. Cara itu dimeriahkan dengan pagelaran wayang kulit oleh Dalang Sarjono dari Banjarnegara.

    Arif Sugiyanto menyampaikan, sangat mengapresiasi kerukunan warga Sampang. Acara semacam ini dinilai sangat tepat untuk menjaga silaturahmi diantara warga desa yang pada tahun 2016 silam pernah dilanda bencana tanah longsor hingga memakan korban jiwa itu.

    “Acara semacam ini menjadi wahana yang baik bagi warga dan pemerintah desa untuk menjalin kedekatan, silaturahmi, persatuan dan sinergi positif. Insya Allah dengan persatuan dan  persaudaraan semacam ini, pembangunan, kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Sampang akan lebih cepat terwujud,” ujar Wabup.

    Sementara itu, Kepala Desa Sampang, Sarikun mengatakan acara merdi bumi dilakukan warganya rutin setiap tahun pada bulan Syura atau Muharrom tepatnya pada Jumat Kliwon.  "Ini sebagai wujud syukur masyarakat Sampang, disini warga kumpul dan makan bersama, setelah itu dilanjutkan jumatan," katanya (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top