• Berita Terkini

    Selasa, 15 September 2020

    Mendikbud dan Sandiaga Uno Beri Motivasi Mahasiswa Baru UMP

    PURWOREJO- Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PPKKMB) Tahun Akademik 2020/2021 di Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) berlangsung istimewa meski dalam masa pandemi Covid-19.

    Dua tokoh nasional, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Anwar Makarim BA MBA dan founder Ok Oce Dr Sandiaga Salahuddin Uno, turut memberikan motivasi kepada civitas akademika UMP.

    Keduanya hadir secara virtual pada hari pertama PPKKMB yang diikuti Rektor UMP Dr Rofiq Nurhadi MAg dan perwakilan dosen di Ruang Seminar kampus timur UMP, Senin (14/9).

    Nadiem Makarim memberikan sambutan, sedangkan Sandiaga Uno bersama Tim Oke Oce-nya memberikan penguatan materi dan berinteraksi dalam Webinar bertajuk Mengembangkan Kreativitas Kaum Milenial untuk Mendukung Ketahanan Ekonomi Bangsa.

    Webinar juga menghadirkan pembicara Sekretaris LLDIKTI Wilayah VI, Dr Lukman ST MHum dengan materi Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia dalam Perspektif Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar.

    Dalam sambutannya, Nadiem Makarim menyampaikan apresiasi dan berbagai arahan terhadap UMP. Antara lain pihaknya mengintruksikan kepada semua perguruan tinggi, termasuk UMP, untuk melaksanakan PPPKKMB secara daring sebaik tanpa mengurangi kualitas mengingat pandemi belum berakhir.

    Berikutnya, sesuai target Mendikbud terkait konsep Kampus Merdeka, Nadiem menegaskan bahwa kemerdekaan belajar pada prinsipnya adalah kemandirian. Karena itu, mahasiswa harus mandiri dalam belajar dan dosen hanya dapat memposisikan diri sebagai fasilitator.

    Dr Riawan Yudi Purwoko, Wakil Dekan FKIP selaku Ketua Panitia PPKKMB 2020, dalam laporannya menyebut kegiatan PPKKMB TA 2020/2021 dilakukan dengan skema full daring sesuai dengan edaran yang dikeluarkan oleh Kemendikbud pada tanggal 14 Agustus 2020.

    Kegiatan digelar dalam 2 periode. Periode peratama berlangsung mulai 14 -17 September 2020 dan periode kedua akan dilaksanakan pada 28-29 September 2020. “Sehingga penerimaan mahasiswa baru masih dibuka sampai dengan tanggal 25 September 2020,” sebutnya. 

    Pada pelaksanaan periode pertama ini PPKKMB diikuti sebanyak 450 mahasiwa baru, terdiri atas 5 fakultas dan 15 program studi. Tema yang diangkat yakni “Internalisasi Keislaman dan Keilmuan untuk membangun Almamater dan Bangsa yang berkemajuan.

    Lebih lanjut pihaknya mengungkapkan bahwa hadirnya sejumlah tokoh nasional dalam PPKKMB tahun ini menjadi motivasi tersendiri bagi UMP. Diharapkan, meski harus mengikuti secara daring, mahasiswa baru dapat tetap menjalani PPKKMB dengan optimal.

    “Hingga hari terakhir nanti semua kegiatan secara daring, ada banyak kegiatan relevan yang sudah kita siapkan,” ungkapnya. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top