• Berita Terkini

    Senin, 17 Agustus 2020

    Menangkan Arif-Rista, PDI P Bakal Deklarasi di Setiap Kecamatan

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Menjelang pelaksanaan Pilkada di Kebumen, mayoritas partai politik telah melakukan deklarasi dukungan kepada Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati H Arif Sugiyanto dan Hj Ristawati Purwaningsih. Deklarasi dilakukan oleh partai politik ditingkat kabupaten.

    Hal ini berbeda dengan deklarasi yang dilaksanakan oleh PDI Perjuangan. Dimana partai berlambang Banteng hitam bermoncong putih tersebut justru melaksanakan deklarasi dukungan terhadap pasangan Arif-Rista di setiap Kecamatan yang ada di Kebumen. Deklarasi dukungan tersebut dilaksanakan pada setiap acara Musyawarah Anak Cabang (Musrancab) PDI Perjuangan.

    Seperti pada Musrancab ke 17, PDI Perjuangan yakni Kecamatan Kebumen, Senin (17/8). Di hari Kemerdekaan Indonesia tersebut selain melaksanakan Musrancab juga digelar Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke 75. Dalam Musrancab Dwi Alhadi diberi amanah untuk memimpin Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan Kecamatan Kebumen.

    Ketua DPC PDI Perjuangan Kebumen Saiful Hadi menyampaikan Deklarasi Dukungan Pasangan Arif-Rista dilaksanakan oleh DPC PDI Perjuangan Kebumen di setiap kecamatan. Semua PAC PDI Perjuangan Kebumen siap memenangkan Pasangan Arif-Rista.

    Dalam Peringatan HUT Kemerdekaan kali ini, Saiful Hadi menjelaskan PDI Perjuangan sangat bersemangat dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI. Sebab PDI Perjuangan mempunyai akar PNI yang didirikan oleh Ir Soekarno pada 4 Juli 1927. Azasnya non kooperatif dengan penjajah dan tujuannya mencapai Indonesia Merdeka. “JIka PNI mempunyai tujuan Indonesia Merdeka, maka PDI Perjuangan bertujuan mengisi kemerdekaan dengan mewujudkan kesejahterakan masyarakat. Sehingga mengisi kemerdekaan dengan mensejahterakan masyarakat,” tuturnya.

    Dalam hal ini untuk mencapai atau mewujudkan kesejahteraan masyarakat PDI Perjuangan harus menjalankan fungsi partai dengan baik. Adapun tujuh fungsi partai politik yakni aspirasi, artikulasi, agregasi, rekrutmen, edukasi, elektoral dan Budgeting.

    Aspirasi yakni memahami dan mendengar kebutuhaan masyarakat. Artikulasi yakni menyuarakan kebutuhan masyarakat. Sedangkan agregasi meliputi perdebatan, argumentasi hingga perebutan di dalam memperjuangan kepentingan yang berbeda antar partai. “PDI Perjuangan Kebumen berpikir utamanya yakni pembangunan infrastruktur. Ini agar perekonomi meningkat. Dalam hal ini, tentu ada perbedaan kepentingan dengan partai lain. Sebab pemilihnya juga berbeda,” jelasnya.

    Sedangkan, rekrutmen yakni dilaksanakan untuk mendidik kepartaian kepada masyarakat. Ini agar mereka juga mau berjuangan bersama-sama. Edukasi merupakan pendidikan politik agar masyarakat paham akan kebijakan pemerintah yang muaranya juga untuk mensejahterakan masyarakat.

    Adapun elektoral berkaitan dengan pemilihan. Ini seperti pemilihan dewan, bupati, gubernur hingga presiden. Ini juga sangat penting dan sangat menentukan. Sebab salah memilih pemimpin akibatnya juga fatal. “Dalam fungsi budgeting yakni kehati-hatian dalam menyusun anggaran. Adapun semua itu muaranya adalah kepentingan masyarakat,” katanya.

    Calon Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih dalam kesempatan tersebut menyampaikan kemerdekaan tidak didapat dengan mudah. Ini penuh dengan perjuangan, cucuran keringat, air mata dan darah. Untuk itu sudah sewajarnya generasi saat ini mengisi kemerdekaan dengan baik. “Ini dilaksanakan dengan mensejahterakan masyarakat,” tegasnya.

    Sementara itu, Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Kebumen Dwi Alhadi menyampaikan sebagai kader partai, pihaknya siap untuk ditugaskan dimana pun. Termasuk menjadi Ketua PAC. Selanjutnya yakni kembali mensolidkan barisan dengan cara melakukan konsolidasi. “Dalam Pilkada kali ini, kami juga siap memenangkan Pasangan Arif-Rista,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top