• Berita Terkini

    Jumat, 21 Februari 2020

    Aplikasi JKN Dilengkapi Fitur Baru

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Peserta program JKN-KIS kini semakin dimudahkan. Ini setelah menu aplikasi Mobile JKN terus ditambah. Seperti pada mobile JKN versi 2.5.1 banyak tambahan fitur kemudahan yang dapat diakses melalui aplikasi ini. Dari ketersediaan tempat tidur sampai jadwal operasi Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL).

    Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen, Wahyu Giyanto, mengungkapkan ditahun 2020 ini, pihaknya berfokus pada kemudahan layanan yang dapat memudahkan peserta dalam layanan JKN-KIS, salah satunya adalah menu-menu berupa aplikasi Mobile JKN.

    "Menu baru ini dibutuhkan kerjasama dengan aplikasi SIM RS di setiap FKRTL BPJS Kesehatan sehingga data-data yang ditampilkan pada Mobile JKN dapat terupdate sesuai jadwal," katanya.

    Menu baru itu melengkapi menu yang sudah ada sebelumnya, seperti pergantian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, KIS Digital, perubahan Data Peserta, pengecekaniuran JKN-KIS, catatan pembayaran iuran, skrining kesehatan, info JKN hingga pengaduan keluhan.

    Adapun menu baru meliputi ketersediaan tempat tidur, obat ditanggung, konsultasi dokter, dan jadwal tindakan operasi. Pada menu ketersediaan tempat tidur ini menampilkan ketersedian tempat tidur Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut yang menjadi rujukan peserta dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. "Jumlah tempat tidur ini akan terus mengupdate setiap 24 jam sekali," katanya.

    Kemudian terdapat menu obat yang ditanggung, menu ini menjelaskan obat yang ditanggung oleh program JKN-KIS dan terdapat deskripsi kandungan obat serta restriksi / pembatasan obat.

    Selanjutnya terdapat menu jadwal tindakan operasi yaitu menampilkan jadwal tindakan operasi Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut. Peserta JKN KIS dapat melihat jadwal tindakan operasi dengan memilih FKRTL yang akan dilihat. Kemudian terdapat menu konsultasi dokter, di menu ini peserta JKN-KIS dapat langsung konsultasi dokter via chat melalui Mobile JKN namun menu ini masih tahap pengembangan.

    Armi Tri Setyowati (22), peserta JKN-KIS yang sudah menggunakan Mobile JKN ini mengungkapkan dengan adanya Mobile JKN ini pelayanan JKN-KIS dapat lebih mudah, peserta tidak hanya dimanjakan dengan layanan JKN-KIS perubahan data peserta, pengaduan keluhan, namun sekarang dapat melihat menu ketersediaan tempat tidur, jadwal tindakan operasi obat yang ditanggung oleh JKN dan tidak hanya info-info mengenai JKN namun terdapat artikel-artikel kesehatan yang dapat kita baca pada waktu senggang, dan yang lebih mudah lagi menu KIS Digital.

    "Menu ini sekarang sudah disendirikan sehingga apabila kita melakukan layanan kesehatan tinggal satu klik saja sudah dapat menampilkan KIS Digital,” tambah dia.
    Sementara itu, Kemudahan layanan yang diberikan di Mobile JKN ini diharapkan dapat terus memudahkan peserta dalam melakukan layanan kesehatan baik yang berhubungan dengan FKTP maupun FKRTL serta penerapan polah hidup yang sehat juga dapat diterapkan oleh peserta JKN-KIS. (fur/wh/rz)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top