• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Jumat, 26 April 2019

    Terminal Angkudes Bakal Dibangun di Karanggayam

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemkab melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kebumen bakal membangun terminal angkutan pedesaan (angkudes) di Kecamatan Karanggayam. Adapun lokasinya, lahan milik Pemkab yang terletak di Desa/Kecamatan Karanggayam.

    Kepala Dishub Kabupaten Kebumen Rai Ageng Sulistyo Handoko mengemukakan pembangunan terminal rencananya akan dilaksanakan pada  tahun 2019 ini. Persiapan yang telah dilakukan meliputi survei lokasi, sosialisasi di masyarakat hingga penyusunan detail engineering desain (DED).

    Bukan itu saja April ini Dishub juga telah menyiapkan kajian analisis dampak lalu lintas (Andalalin) di lokasi tersebut. “Terminal akan dibangun di atas  tanah Pemkab seluas 433 meter persegi. Adapun anggaran yang disiapkan mencapai Rp 49 juta,” tuturnya didampingi Kabid Angkutan Risson Sihotang, Rabu (24/4/2019).

    Terkait pembangunan terminal tersebut, lanjutnya, kini Dishub tengah menyiapkan proses lelang. Terkait lelang rencananya akan dilaksanakan pada Mei mendatang. Dengan demikian proses pembangunan dapat dilaksanakan pada Juni hingga Agustus 2019. 

    Adanya pembangunan terminal akan meningkatkan kemajuan di Karanggayam. Selain itu juga membantu membuka kawasan tersebut. "Saat ini Karanggayam ada tiga trayek dengan 50 armada angkudes. Jika terminal terbangun, trayek maupun armada dapat bertambah," paparnya.

    Adanya rencana pembanggunan terminal juga disambut baik oleh Camat Karanggayam  Wikan Tris Junanto. Pihaknya mengapresiasi langkah Pemkab dalam pembangunan terminal di Karanggayam. Terminal sangat dibutuhkan mengingat hingga kini di Karanggayam memang belum ada terminal. Pihaknya berharap pembangunan terminal akan memperlancar transportasi. “Selain itu angkutan juga akan semakin tertib,”  paparnya.

    Transportasi berhubungan erat dengan peningkatan perekonomian. Dimana kelancaran transportasi akan mendukung peningkatan ekonomi. Sarana transportasi merupakan bagian dari akses peningkatan perekonomian masyarakat.

    Untuk itu adanya pembangunan terminal diharapkan berbading lurus dengan peningkatan ekonomi di masyarakat.  "Yang diharapkan tentu mampu mendukung peningkatan ekonomi masyarakat terutama hasil pertanian, UMKM maupun wisata. Akses tranportasi yang baik, diiringi dengan peningkatan perekonomian yang berujung pada kesejahteraan,"  ucapnya, (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top