Honda VARIO

  • Berita Terkini

    Rabu, 20 Februari 2019

    Wabup Kebumen Diminta dari Kader NU

    H Dawamudin Masdar MPdI
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Turut sertanya H Arif Sugiyanto SH dalam bursa wakil Bupati Kebumen mendapat dukungan dari PCNU. Pasalnya H Arif Sugiyanto SH merupakan salah satu Kader Nahdlatul Ulama (NU) dan kini juga menjabat sebagai Pengurus PCNU Kebumen. Kendati demikian secara politis hal itu menjadi kewenangan partai pengusung.

    Sekedar mengingatkan, setelah membuka penjaringan Bakal Calon Pengganti Antar Waktu Wakil Bupati (Bacalon PAW Wabup) Kebumen DPC Partai Demokrat mendapatkan tiga pendaftar.

    Adapun ketiga nama tersebut yakni Arif Widodo yang berprofesi sebagai wartawan di Kebumen, H Arif Sugiyanto SH wiraswasta dan juga Pengurus PCNU Kebumen serta Komisaris PT Nursa Tour & Travel Umroh dan Haji Plus. Selain itu yakni H Rusdyanto salah satu Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Partai Nasdem.

    Ketua PCNU Kebumen H Dawamudin Masdar MPdI menyampaikan menurut Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) NU Pasal 51 ayat 4, 5 dan 7 menyebutkan yang tidak boleh mencalonkan diri atau dicalonkan jadi bupati/wakil bupati hanya Rais Syuriyah dan Ketua Tanfidziyah.

    “Dengan demikian Gus Afif (KH Afifuddin) dan saya itu dilarang. Kalau tetap mau mencalonkan diri atau dicalonkan harus mengundurkan diri dari Jabatan Rais dan Ketua.  Sedangkan untuk pak Arif Sugiyanto, meski Pengurus PCNU namun bukan menjabat sebagai Rais dan juga bukan Ketua PCNU, maka tidak dilarang atau diperbolehkan,” tuturnya, Selasa (19/2/2019).

    Dawam menegaskan, pada prinsipnya dukung-mendukung kepada calon wabup untuk mendampingi Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz secara politis menjadi ranahnya partai pengusung.

    Namun kalau sekarang H Arif Sugiyanto yang kebetulan menduduki jabatan sebagai bendahara PCNU Kebumen, ramai akan diusulkan menjadi Wabup, maka secara moral PCNU Kebumen mendukungnya. “kami mendukung, karena ada kader NU yang dianggap kapabel untuk menduduki jabatan tersebut,” jelasnya.

    Pihaknya berharap, H Arif Sugiyanto dapat terpilih menjadi Wabup Kebumen dan dapat bekerjasama dengan bupati. Bersinergi dengan Bupati menjadi hal yang penting agar dapat memajukan Kebumen.

    Sebelumnya juga diberitakan jika Ormas Islam terbesar di Kebumen yakni NU dan Muhammadiyah, sama-sama setuju jabatan Wabup diisi. Kandati demikian kedua ormas itu, juga sependapat bahwa soal wabup merupakan ranahnya partai pengusung. Baik NU maupun Muhammadiyah sama-sama merestui jika partai pengusung akan mengusulkan kadernya untuk menjadi Bacalon PAW WabupKebumen. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top