• Berita Terkini

    Jumat, 28 Desember 2018

    Jalur Selatan di Purworejo Bakal Dipasang Kamera ECRIP

    ekosutopo/purworejoekspres
    PURWOREJO- Jalur selatan-selatan atau yang lebih dikenal dengan Jalur Daendels, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Purworejo, mendapat perhatian khusus dari Korlantas Mabes Polri. Hal itu karena tidak lama lagi jalur tersebut akan menjadi jalur penyangga utama Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo.

    Salah satu perhatian itu yakni akan segera dilakukan pemasangan kamera speed Enforcement Capability Road Infrastuctur and Protection (ECRIP) di wilayah Jetis, tepatnya sebelah timur pertigaan lampu merah Patutrejo/Jetis. Kamera CCTV tersebut berasal dari Korlantas Mabes Polri.

    “Untuk menentukan titiknya, dari Korlantas Mabes Polri, Dinas PUPR Provinsi, dan Satlantas Polres Purworejo sudah melakukan survei,” kata Kasatlantas Polres Purworejo, AKP Nyi Ayu Fitria Facha SH, melalui Kanit Laka, Ipda Mustofa, Jumat (28/12/2018).

    Fungsi dari kamera speed ECRIP antara lain untuk memantau kepadatan arus dan pelanggaran lalu lintas, seperti batas kecepatan, atau lainnya selama 24 jam. Kamera akan terkoneksi langsung dengan Mabes Polri dan dipantau oleh Kanitlaka melalui layar monitor.

    Menurutnya, wilayah Jetis dipilih sebagai lokasi pemasangan kamera karena menjadi salah satu wilayah rawan kecelakaan. Selain itu, tingkat kepadatan arus lalu lintasnya yang makin meningkat dan menjadi jalur utama penyangga bandara.

    “Untuk wilayah Jateng, hanya Purworejo dan Kebumen yang mendapat fasilitas ini,” sebut Mustofa.

    Lebih lanjut dijelaskan, dalam Operasi Lilin Candi 2018 yang dilaksanakan mulai tanggal 21 Desember hingga 2 Januari 2019, jalur Daendels juga menjadi wilayah yang mendapat perhatian khusus Satlantas Polres Purworejo. Guna mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, pihaknya juga memasang sejumlah papan peringatan atau himbauan di tiga titik, yakni Jogoresan, Wonoroto dan Pasaranom.

    “Secara kuantitas, arus lalu lintas sampai dengan hari ke tujuh pelaksanaan Operasi Lilin Candi meningkat. Puncaknya terjadi pada hari Minggu (23/12), Senin (24/12), dan Selasa (25/12),” jelasnya. (top)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top