• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Kamis, 16 Agustus 2018

    Ini Rute Karnaval Pembangunan Kebumen 2018

    fotohumaspemkab kebumen
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemkab Kebumen kembali menggelar karnaval pembangunan untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI. Event tahunan yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat Kebumen itu bakal digelar Sabtu (18/8) lusa mulai pukul 08.00 WIB.

    Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Azzam Fathoni kepada Ekspres, Rabu (15/8/2018) menyampaikan, karnaval tahun ini dipastikan akan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya itu.

    Ini setelah penyelenggara menambah panjang jarak rute yang ditempuh peserta. Yakni dari  Alun-alun Kebumen-Jalan Pahlawan-Jalan A Yani-Jalan Kutoarjo-Jalan Tentara Pelajar-Jalan HM Sarbini-Mertokondo-Tembana-Jalan Lingkar Pejagoan-Lampu Bangjo Pejagoan-Jalan Ronggowarsito dan berakhir di Alun-alun Kebumen. Untuk panggung kehormatan akan ditempatkan di depan dealer Mataram Sakti Jalan Pahlawan.

    "Penambahan rute karnaval bertujuan agar semua peserta karnaval bisa dilihat oleh masyarakat," katanya.

    Dia berujar, peserta karnaval berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kebumen, BUMN/BUMD, perbankan, swasta, Perguruan Tinggi, pelajar SMP hingga SMA, partai politik, kelompok seni, Polres, Kodim, perkumpulan penggemar unik, dan banyak lagi lainnya.

    Kecuali pembawa bendera dan drumband, seluruh peserta akan menggunakan kendaraan bermotor yang dihias. Khusus untuk drumband rencananya juga akan dibagi menjadi tiga shift untuk menghindari kelelahan. Kelompok pertama dari Alun-alun-MTsn 1 Kebumen kemudian digantikan hingga DPU Kebumen. Selanjutnya kelompok drum band ketiga akan beraksi mulai dari DPU hingga finish di Alun-alun.

    Terkait peserta, hingga petang kemarin tercatat sudah ada 105 peserta yang mendaftar sebagai peserta karnaval. Dinas Pariwisata sendiri tidak membatasi jumlah peserta. Hanya saja cuma ada 200 nomor yang disiapkan.

    "Tapi kalau pesertanya lebih dari itu yang tetap kita terima. Kasihan mereka sudah datang tapi tidak bisa tampil," ucapnya.

    Nantinya seluruh peserta akan dinilai dari aspek koreografi, kekompakan, kreatifitas dan kostum. Peserta dengan nilai atau skor tertinggi akan menjadi pemenang.
    "Juri dari Dewan Kesenian Daerah (DKD), praktisi dan Dinas Pendidikan. Silahkan berkreasi sebagus dan semenarik mungkin agar karnaval semakin meriah dan menjadi hiburan masyarakat," pungkasnya. (has)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top