HONDA DUO

  • Berita Terkini

    Sabtu, 02 Juni 2018

    Sedulur Sikep Blora Peringati Hari Lahir Pancasila

    TEGUH DINKOMINFO FOR RADAR KUDUS
    BLORA – Sedulur Sikep Samin Karangpace di Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Blora, menggelar tasyakuran untuk memperingati Hari Lahir Pancasila kemarin. Acara ini dilaksanakan secara sederhana di Pendapa Samin dengan mengundang warga sekitar.

    ”Tasyakuran sederhana ini kami selenggarakan bersama sedulur sekitar, untuk memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni,” ungkap Lasiyo, tokoh yang dituakan di Sedulur Sikep Samin kemarin.

    Selain itu, Sedulur Sikep Samin Karangpace juga ingin berbagi dan mengajak buka bersama warga sekitar yang menjalankan puasa. ”Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, saya doakan semua anak cucu, sedulur semua, bumi, bangsa, dan negara selalu diberi keselamatan, ketentraman, dan kedamaian. Selamat semuanya,” doanya.
    Acara tasyakuran ini, diawali dengan refleksi singkat tentang Hari Lahir Pancasila yang disampaikan oleh Poso, salah satu tokoh Sedulur Sikep Samin Karangpace. Menurutnya, nilai-nilai Pancasila itu sejatinya sudah tertanam sejak manusia dalam kandungan hingga lahir dan dewasa. ”Pancasila itu harus senantiasa ada di dada kita. Sebab Pancasila itu sudah jelas,” ucapnya.

    Dia menuturkan, Pancasila harus diajarkan, dihayati, dan diamalkan dalam kehidupan alam nyata. Untuk itu, anak-anak harus sering diajarkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai pegangan hidup.

    Poso menambahkan, para orang tua agar tak sekadar paham tentang Pancasila, melainkan menjadi tauladan sebagai sosok dan figur yang berpancasila. Baik di dalam keluarga maupun bermasyarakat.

    ”Saling menghormati dan toleransi akan mempererat kebersamaan. Menjaga kelestarian dan kedamaian dengan mengedepankan kejujuran,” imbuhnya.
    Warga yang hadir, tampak antusias menyimak uraian refleksi singkat Hari Lahir Pancasila tersebut. Acara dilanjutkan doa yang dipimpin Subakir, salah seorang pemuka agama Islam setempat.

    Setelah itu, para sedulur yang hadir dipersilakan menikmati makanan yang dihidangkan. Di antaranya ada hidangan nasi dan sayur menggunakan pincuk daun jati. Menu kuliner ini disajikan dan dimasak langsung oleh Wahini (istri Lasiyo) yang dibantu kerabat Sikep Samin. Mereka saling gotong royong membantu mulai dari persiapan, menghidangkan, hingga mengemasi peralatan makan.

    Sementara itu, Aida, salah seorang pelajar SMA Negeri 1 Blora mengapresiasi acara yang dihelat Sedulur Sikep Samin Karangpace. ”Sangat menarik dan bermakna. Yang disampaikan oleh tokoh Sedulur Sikep tentang Hari Lahir Pancasila cukup memberi pelajaran berharga bagi saya. Yang selalu saya ingat, Pancasila ada di dadaku,” cetusnya. (sub/lin)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top