• Berita Terkini

    Kamis, 02 Mei 2024

    Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Ingatkan Pentingnya Jaminan Kesehatan Bagi Pekerja

     


    (kebumenekspres com) KEBUMEN - Hari Buruh adalah momen penting yang diperingati oleh jutaan pekerja di seluruh dunia. Peringatan Hari Buruh atau yang dikenal dengan Peringatan May Day juga menjadi momentum untuk memastikan hak-hak para pekerja terpenuhi dengan baik, salah satunya hak untuk mendapatkan jaminan kesehatan.

    Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto menyampaikan pentingnya jaminan sosial, yaitu jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan  bagi pekerja. Hal itu tentunya menjadi perhatian bagi para pemberi kerja. Hak pekerja untuk mendapatkan jaminan kesehatan telah diatur dalam peraturan perundang-perundangan dan pemberi kerja wajib untuk memenuhinya. Oleh karena itu, pekerja wajib mendaftarkan pekerjanya dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

    “Selamat memperingati Hari Buruh. Jaminan Sosial, berupa jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan sangat penting terutama bagi pekerja yang memilik risiko tinggi, Dengan memastikan pekerja terpenuhi hak-haknya maka diharapkan pekerja dapat bekerja dengan lebih produktif,” kata Arif dalam sambutannya pada kegiatan Sarasehan Peringatan Hari Buruh Internasional di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Kebumen pada Rabu, (01/05). 

    Senada dengan Bupati Kebumen, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Dany Saputro mengatakan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku setiap pekerja wajib didaftarkan sebagai peserta JKN oleh pemberi kerja agar mendapatkan perlindungan Kesehatan baik bagi pekerja maupun keluarganya. Dengan memastikan pekerja memiliki jaminan Kesehatan, maka hal itu merupakan salah satu wujud kepedulian dan pemberian proteksi pemberi kerja terhadap pekerjanya dan wujud kepatuhan terhadap peraturan perundangan-undangan. 

    “Program JKN merupakan salah satu program jaminan sosial yang dicanangkan pemerintah agar masyarakat menjadi lebih sejahtera. Dalam hal ini, setelah terdaftar sebagai peserta JKN, pekerja bisa bekerja dengan tenang. Pekerja juga tidak perlu lagi mengkhawatirkan tingginya biaya pengobatan ketika sewaktu-waktu sakit.,” tuturnya. 

    Dany menambahkan bahwa setiap pekerja yang terdaftar JKN, meliputi istri/suami yang sah dan maksimal tiga orang anak. Kriteria anak yang ditanggung adalah anak kandung/anak tiri/anak angkat yang sah dari pekerja. 

    “Setiap pemberi kerja wajib memungut dan membayarkan iuran tepat waktu setiap bulan. Besarannya adalah 5% dari gaji per bulan, yakni 4% menjadi tanggungan pemberi kerja dan 1% menjadi tanggungan pekerja atau penerima upah,” ungkapnya.

    Bagi segmentasi Pekerja Penerima Upah (PPU) Badan Usaha, Pekerja juga dapat mendaftarkan anak keempat dan seterusnya, serta orangtua/mertua. Jika pekerja menghendaki hal tersebut, maka gaji atau upah pekerja tersebut akan dipotong sebesar 1% dari gaji atau upah keseluruhan pekerja untuk setiap anggota keluarga tambahan tersebut.

    “Untuk penambahan anggota keluarga, pekerja dapat langsung berkoordinasi dan menghubungi bagian SDM/HRD di masing-masing perusahaan” jelas Dany.

    Lebih lanjut, Dany menyampaikan pihaknya juga menyediakan layanan BPJS Keliling pada peringatan Hari Buruh Internasional di Kabupaten Kebumen.  Layanan jemput bola ini ditujukan  memberikan kemudahan akses layanan Program JKN bagi masyarakat termasuk pengunjung pada kegiatan peringatan hari buruh ini. Layanan BPJS Keliling ini mencakup layanan administrasi dan layanan pemberian informasi serta penanganan pengaduan. Tidak hanya itu, ia juga memastikan pada kesempatan ini masyarakat teredukasi dan tersosialisasi  kemudahan dari beragam inovasi berbasis teknologi digital dalam Program JKN.

    “Kini masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan administrasi JKN melalui aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi Melalu Whatsapp (PANDAWA) maupun care center 165. Masyarakat dapat memanfaatkan kanal layanan non tatap muka tanpa perlu repot datang ke kantor BPJS Kesehatan,” pungkasnya.

    Selain kegiatan sarasehan dalam Peringatan Hari Buruh di Kabupaten Kebumen, terdapat pula rangkaian kegiatan lainnya seperti sarasehan lomba menghias tumpeng, Expo produk Perusahaan di Kabupaten kebumen dan pembagian doorprize. Pada kegiatan ini, BPJS Kesehatan turut memeriahkan dengan berpartisipasi menyediakan doorprize bagi peserta kegiatan.(*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top