• Berita Terkini

    Rabu, 06 September 2023

    151 Calon Ikut Kontestasi Pilkades Serentak di Kebumen


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Sebanyak  49 desa di 22 kecamatan yang akan menyelenggarakan Pilkades pada 12 September 2023 mendatang. Dari jumlah itu, tercatat 151 peserta yang bakal ikut dalam hajat demokrasi tingkat desa itu


    Calon terbanyak di Desa Redisari, Kecamatan Rowokele ada enam calon. Kemudian ada beberapa desa yang memiliki lima calon, empat calon, dan paling sedikit dua calon.


    Pemerintah Daerah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,2 Miliar untuk menyelenggarakan Pilkades serentak. Anggaran tersebut di antaranya untuk pembelian kertas suara, untuk biaya operasional panitia pemilihan kepala desa.


    "Per desanya itu sekitar Rp20 juta, itu digunakan untuk penyelenggaraan Pilkades seperti beli kotak suara, surat suara dan biaya operasional panitia penyelenggara,"ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Cokro Aminoto, Rabu 6 September 2023.


    Cokro menyebut anggaran Pilkades bersumber dari APBD (Bankeu) sebesar Rp1.209.000.000. Besarnya Biaya Bantuan Keuangan ditentukan sebagai berikut, yakni Desa yang DPTnya kurang dari 1.000 pada Pemilu terakhir akan mendapat Rp 21.000.000. Desa dengan DPT Pemilu terakhir antara 1000 dan 3000 orang mendapat Rp24.000.000, Desa yang berpenduduk lebih dari 3000 jiwa pada DPT Pemilu terakhir mendapat Rp27.000.000.


    Selain itu, adapun 49 desa yang menggelar Pilkades serentak adalah, Desa Mangli dan Desa Kuwaru,  Kecamatan Kuwarasan, Desa Tlogodepok, Kecamatan Mirit, Desa Grujugan dan Banjarwinangun, Kecamatan Petanahan, Desa Sitiadi, Kecamatan Puring, Desa Gadungrejo dan Kedungwinangun, Kecamatan Klirong, Desa Redisari, Kretek, dan Sukomulyo, Kecamatan Rowokele, Desa Bejiruyung dan Donorojo, Kecamatan Sempor, Desa Semanding, Kecamatan Gombong. Desa Rogodono, Nogoraji, dan Jatiroto, Kecamatan Buayan. Selanjutnya Desa Sidogede, Tersobo, Mulyosri, Kecamatan Prembun. Desa Kuwayuhan dan Karangpoh, Kecamatan Pejagoan. Desa Donosari dan Purwodeso, Kecamatan Sruweng. Desa Adiluhur dan Bonjok, Kecamatan Adimulyo. Desa Tlogowulung, Jatimulyo, Kalijaya, Kecamatan Alian. Desa Banjarsari, Kecamatan Ambal. Desa Argopeni dan Desa Ayah Kecamatan Ayah. Desa Bonorowo, Kecamatan Bonorowo. Desa Banjurpasar, Arjowinangun, Ayamputih, Kecamatan Buluspesantren. Kemudian, Desa Binangun, Totogan, Plumbon, Kaligending, Kecamatan Karangsambung. Desa Sumberadi, Tanahsari, Adikarso, Kalijirek, Jatisari, Jemur, dan Desa Kembaran, Kecamatan Kebumen. Desa Tanjungmeru, Desa Kutowinangun, Kecamatan Kutowinangun.


    "Untuk desa terbanyak di Kecamatan Kebumen, total ada 7 desa di satu kecamatan," katanya.


    Adapun jadwal tahapan Pilkades Serentak Kebumen 2023 meliputi, Pelaksanaan Kampanye, 6-8 September 2023. Masa Tenang, 11 September 2023. Pemungutan Suara, 12 September  2023, Penetapan Kades Terpilih, 12 September 2023, Pengesahan Kades Terpilih dengan Keputusan Bupati 2 Oktober-13 November 2023 dan Pelantikan Kader Terpilih 21 November 2023.


    "Saat ini sudah masuk masa kampanye, dari 49 desa itu ada beberapa calon kades yang merupakan pasangan suami istri, yakni di Desa Donosari Sruweng, ada juga calon kades yang masih punya hubungan saudara dengan calon lain," katanya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top