• Berita Terkini

    Kamis, 17 Agustus 2023

    Ratusan Petani Ternak di Kebumen Ikuti Upacara HUT RI


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Suasana berbeda terlihat pada upacara peringatan HUT RI ke-78 Kabupaten Kebumen yang berlangsung di Pendopo Kabumian, Kamis (17/8/2023). Saat itu, tak hanya jajaran ASN dan pejabat yang hadir. 


    Ada juga ratusan petani dan peternak yang tergabung dalam gabungan kelompok tani (Gapoktan) dan kelompok tani ternak (KTT) khidmat mengikuti detik-detik proklamasi


    Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang menjadi inspektur upacara menyampaikan  para petani dan peternak sengaja dihadirkan untuk mengikuti upacara peringatan HUT RI karena kehadiran masyarakat bisa mendorong semangat pemerintah dalam bekerja. Kemudian pemerintah bisa langsung mendengarkan apa yang menjadi keluhan mereka.


    "Jadi semangatnya adalah bagaimana petani dan peternak kita bisa maju, bisa sejahtera, hasil pertanian dan ternaknya meningkat. Tentu semangat dan perjuangan dari mereka ini yang perlu kita dengar, dan kita perjuangkan, sehingga mengapa kita hadirkan di sini," jelasnya.


    Tak hanya itu, Bupati kemudian menyerahkan bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) dan hewan ternak berupa sapi dan kambing

    Bupati menyatakan, pemberian bantuan tersebut sebagai bentuk komitmen dan kepedulian pemerintah terhadap petani dan peternak. Terlebih di tengah banyak persoalan kelangkaan pupuk, dan juga penyakit hewan menular.

    "Hari ini alhamdulillah kita bisa menyerahkan bantuan ratusan Alsintan untuk para Gapoktan dan bantuan ternak untuk KTT yang ada di Kebumen. Seiring kemajuan zaman, para petani kita memang harus dibekali dengan alat-alat pertanian yang modern, agar hasilnya maksimal," ujar Bupati.

    Bantuan tersebut bersumber dari anggaran APBD dan Dana Alokasi Umum (DAU), dan merupakan aspirasi dari anggota DPR RI

    Darori Wonodipuro. Beberapa alsintan juga merupakan bantuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke Kebumen beberapa bulan lalu. "Saya harap bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kemajuan petani dan peternak di Kebumen. Bantuan mesin pertanian untuk petani kita cukup banyak, dan alhamdulillah panen padi kita selalu surplus, ini yang terus kita dorong agar ke depan petani dan peternak kita semakin maju," ucapnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen Teguh Yuliono menambahkan, bantuan hibah alsintan diserahkan kepada 286 kelompok tani/gapoktan yang berjumah 631 unit terdiri dari  Cultivator 85 unit, Hand Sprayer 303 unit, Power Thresher 14 unit, Corn Sheller 1 unit, APPO 3 unit, Pompa Air 3 inch 105 unit, Pompa Air 4 inch 10 unit, Pompa Air 6 inch  6 unit, Traktor Roda Dua  88 unit, Traktor Roda Empat 6 unit, Alat Penyiang Gulma 7 unit, Kendaraan Roda Tiga 2 unit, Combine Harvester Besar 1 unit.

    Sedangkan bantuan hibah hewan ternak diserahkan kepada Kelompok Tani Ternak (KTT) sejumlah 747 ekor terdiri dari  Sapi  133 ekor. Kambing Jantan 99 ekor, Kambing Betina 515 ekor. "Untuk bantuan ternak secara simbolis kita serahkan sebanyak 30 ternak, adapun untuk yang alsintan kita serahkan semua hari ini di moment peringatan HUT RI ke 78,"ujar Teguh.

    Sementara itu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengajak kepada semua masyarakat untuk mensyukuri nikmat dan karunia yang diberikan Allah SWT terkait HUT RI dan Hari Jadi Kebumen ke-394 yang bakal jatuh pada 21 Agustus


    Dia menyebut, Kebumen memang tidak memiliki kekayaan tambang, seperti emas, tembaga, nikel maupun batubara. Namun, Kebumen tuturnya, diberikan Tuhan berupa wisata alam yang mempesona. Inilah yang patut untuk disyukuri.

    "Kebumen memang tidak punya tambang emas, tembaga dan batubara, tapi alhamdulillah Kebumen punya banyak wisata dengan alamnya yang indah dan mempesona," ujar Bupati di Kebumen, Selasa 15 Agustus 2023.

    Menurutnya, wisata di Kebumen sangat lengkap, termasuk ada Geopark. kota ini punya bentangan laut dan pegunungan yang luas. Daya tarik wisata Kebumen pun mampu membuat orang luar kota datang untuk mengunjungi. Bila dikelola dengan baik bisa ada kemakmuran. 

    "Inilah yang harus kita syukuri, mampu mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif, bekerja dengan baik, bisa mengelola sumber daya alam untuk kemakmuran masyarakat bersama,"ucapnya.

    Bupati bersyukur, saat ini kunjungan wisata di Kebumen tertinggi di Jawa Tengah. Diakui wisata alam di Kebumen masih menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung. Terutama wisata pantai, dan juga wisata  lain seperti river tubing Sendangdalem. "Ke depan kita harus bisa menjadikan Kebumen sebagai kota tujuan wisata, bukan hanya kota lintasan. Kita punya potensi dan akses jalan yang bagus,. Akses dari Bandara Yogyakarta hanya butuh 45 menit, sayang kalau peluang ini tidak dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Kebumen," jelasnya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top