• Berita Terkini

    Jumat, 28 Oktober 2022

    78 Anggota Panwascam Kebumen Dilantik


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Sebanyak 78 Anggota Pawascam Kebumen dilantik. Usai pelantikan para anggota Panwascam dari 26 Kecamatan mengikuti pembekalan. Mereka akan langsung diterjunkan untuk bekerja sesuai dengan tahapan. Ini diawali dengan mengawasi Verifikasi Faktual (Verfak).


    Pelantikan dilaksanakan di Hotel Mexolie Kebumen. Hadir dalam pelantikan tersebut Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH, Kamis (27/10/2022).


    78 Anggota Panwascam terbagi di 26 kecamatan se Kabupaten Kebumen. Terdapat tiga panwascam di masing-masing kecamatan. Dari 78 anggota jumlah kuota perempuan tercapai 32 persen. 

    Ketua Bawaslu Kebumen Arif Supriyanto menyampaikan setelah dilantik anggota panwascam langsung mendapatkan pembekalan. Mereka akan langsung diterjunkan ke lapangan. Momentum ini memang sudah ditunggu-tunggu. “Kita langsung terjunkan mereka untuk untuk kerja,” tuturnya.


    Disampaikan pula dalam menangani pelanggaran terdapat mekanisme-mekanisme tertentu yang sudah diatur. Nantinya Bawaslu dalam bekerja sesuai dengan regulasi yang ada. Adapun terlaik dengan pencegahan menjadi pokok utama Bawaslu. Namun jika ada permasalah Bawaslupun akan menyelesaikannya. Ini tentunya sesuai dengan mekanisme yang ada. “Artinya dalam menyelesaikan persoalan ada aturannya sendiri,” paparnya.


    Sedangkan terkait dengan laporan, masyarakat dapat langsung mendatangi Kantor Bawaslu, atau menghubungi Panwascam terdekat. Laporan diupayakan terpenuhi syarat formil dan materiil, sehingga langsung bisa diregistrasi. 

    “Kalau informasi semata, bisa juga. Ini akan ditindaklanjuti dengan investigasi. Kami melakukan kroscek ke lapangan untuk mendapatkan bukti atau syarat formil dan materil yang dibutuhkan,” jelasnya.

    Disampaikan pula, Bawaslu akan melakukan kajian. Sedangkan  penyelidikan jika ada unsur pidana dilakukan oleh pihak kepolisian bersama dengan Sentra Gakumdu. Bawaslu akan melakukan klarifikasi untuk mendapatkan bukti yang dibutuhkan. “Untuk proses penyelidikan di Kepolisian. Apabila sudah P21 dilimpahkan kepada Kejaksaan,” paparnya.

    Masa kerja Panwascam tentunya hingga selesai tahapan di Pemilu 2024. Pemilu dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Sampai di tanggal itu jelas masih bertugas. Kemudian ada lagi yakni Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024. 


    Sementara itu,  Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH bersyukur atas dilantiknya para Panwascam tersebut. Pihaknya berharap semoga mereka memiliki etos kerja yang baik. Selain itu pemilu kali ini memberikan pemikiran yang lebih baik. “Demoktasi sebagai kedaulatan rakyat menghasilkan Negera Indonesia semakin baik dan semakin maju,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top