• Berita Terkini

    Selasa, 07 Juni 2022

    Siswa SDN 1 Pejagoan Bersih Pantai Cemara Sewu


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Lingkungan yang bersih tentu menjadi idaman bagi semua orang. Selain sehat, lingkungan yang bersih juga indah dipandang mata.  Adapun lingkungan kotor umumnya disebabkan oleh sampah. Terdapat dua jenis sampah yakni organik dan anorganik.


    Untuk mendidik anak agar peduli lingkungan sejak dini, SD Negeri 1 Pejagoan menerjukan  36 kader Adiwiyata. Mereka terdiri dari  Kepala Sekolah, bapak ibu guru dan karyawan SD Negeri 1 Pejagoan. Selain itu juga Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 bersama dengan Karang Taruna Tunas Muda, Desa Karangreja Petanahan. Kader Adiwiyata melakukan Bersih Pantai di Pantai Cemara Sewu, beberapa waktu lalu. 


    Kegiatan Bersih Pantai bertujuan untuk membersihkan Kawasan Pantai Cemara Sewu dari sampah. Ini baik sampah Anorganik dan juga sampah Organik.

    Kepala Sekolah SD Negeri 1 Pejagoan Wardatul Adibah SPd SD mengatakan dengan mengadakan kegiatan bersih pantai, akan memberikan edukasi kepada siswa untuk mencintai lingkungan yang bersih terutama Pantai. 


    Pantai itu sangat indah jika bersih. Sebaliknya akan menjadi tidak nyaman jika kotor, maka dari itu SD Negeri 1 Pejagoan melaksanakan kegiatan bersih pantai dengan bapak ibu guru, kader Adiwiyata dan Kampus mengajar. Ini bekerjasama dengan Karangtaruna yang ada di sana.


    “Kegiatan juga dilaksanakan guna melakukan edukasi kepada pengunjung dan pedagang. Ini  agar  tempat wisata Pantai Cemara Sewu selalu dalam keadaan bersih, sehingga pengunjung akan nyaman, akan senang dan akan tertarik dan menjadikan salah satu pilihan rekrasi di Kebumen,” tuturnya.


    >

    Ketua Karang Taruna Muda Desa Karangrejo Petanahan Dwi Nugroho menuturkan Obyek Wisata Pantai Cemara Sewu baru beroprasi selama 4 bulan. Sarana Prasarana memang masih belum lengkap seperti pantai yang lainnya. Tapi pihaknya bersama teman-teman mengupayakan kebersihan dan kenyaman untuk pengunjung. 

    “Jadi adanya kegiatan bersih pantai, sangat membantu kami.  Saya berharap masih banyak anak-anak dan masyarakat di luar sana peka terhadap kebersihan lingkungan khusunya di Pantai,” katanya.


    Kegiatan dimulai dengan pemaparan jenis sampah Anorganik dan sampah Organik secara singkat. Setelah itu dilakukan pembagian kelompok kerja, penyerahan karung tempat sampah dan pengambilan sampah di lingkungan Pantai Cemara Sewu.


    Dengan kegiatan tersebut, sangat diharapkan timbulnya rasa untuk menjaga kebersihan di lingkungan sejak dini dan juga anak-anak sebagai pelopor kebersihan di lingkungannya baik dikeluarga dan juga di masyarakat serta bermanfaat untuk negeri. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top