• Berita Terkini

    Rabu, 24 April 2024

    Kartinian di SDN 1 Wonorejo Berlangsung Semarak


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Beragam kegiatan mewarnai Peringatan Hari Kartini di SD Negeri 1 Wonorejo Karanganyar. Ini meliputi, upacara bendera, fashion show, Pawai budaya dengan membawa tulisan/poster tentang Kartini, makan bersama,  tukar kado, pemutaran film dokumenter Raden Ajeng Kartini dan pembacaan Puisi Kartini.

    Bukan hanya siswa dari kelas I hingga VI, para guru dan  karyawan SD Negeri 1 Wonorejo juga turut menjadi peserta dalam Peringatan Hari Kartini tersebut. Semua antusias memperingati Pahlawan bangsa yang telah memperjuangan emansipasi wanita. 

    Kepala SD Negeri 1 Wonorejo Ma’rifah SPd MPd menyampaikan rangkaian kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2024 dan Peringatan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April 2024. 

    “Peringatan Hari Kartini dilaksanakan untuk mengenang jasa perjuangan RA Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan kaum perempuan di berbagai bidang, khususnya pendidikan,” tuturnya, beberapa waktu lalu.

    Sedangkan Peringatan Hari Bumi, lanjutnya,  bertujuan untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan. Dalam kesempatan tersebut para guru dan siswa mengenakan kebaya atau baju daerah.

    “Kegiatan diawali dengan upacara bendera. Siswi putri dari kelas 6 bertindak sebagai pemimpin upacara. Pembina upacara yakni Kepala SD Negeri 1 Wonorejo,” jelasnya.

    Disampaikan pula, meskipun siswa-siswi sebagian besar menggunakan baju daerah, namun upacara tetap berjalan dengan lancar dan khidmat. Selain itu pihaknya juga menyampaikan tentang pentingnya menjaga lingkungan. 

    “Jika melihat sampah segara dipungut dan diletakkan di tempat sampah. Kelas dan lingkungan sekolah harus dijaga kebersihannya oleh seluruh warga sekolah. Jika sampah di rumah banyak, mulailah belajar untuk memilah sampah. Sampah plastik dan daun dipilah,”  paparnya.

    Ma’rifah menyampaikan berkat jasa RA Kartini, generasi sekarang harus bersyukur. Karena telah ada kesetaraan antara Putra dan Putri Indonesia. Kondisi aman dan nyaman sehingga optimalkan untuk belajar baik belajar, mengaji maupun sekolah. “Jadilah generasi yang penuh inspirasi,” pesannya.

    Fashion Show dilaksanakan dengan menampilkan baju daerah yang diikuti siswa kelas 1-6. Satu persatu siswa unjuk penampilan dengan keanggunan pakaian yang dikenakan. Setelah selesai, guru selaku dewan juri mengumumkan pemenang kegiatan fashion show. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top