• Berita Terkini

    Rabu, 24 April 2024

    Harga Beras Premium dan Daging Ayam Turun Drastis


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Harga beras yang dalam beberapa bulan terkahir cukup tinggi, kini di masa panen mengalami penurunan. panen raya membuat stok beras melimpah. 

    Seperti di Pasar Tumenggungan Kebumen, harga beras premium hingga medium sudah mulai mengalami penurunan sebesar Rp 1.500 perkilogramnya. Penurunan harga mulai dirasakan, sejak lebaran kemarin.

    Harga beras premium di pasar tradisional ini dari yang sebelumnya mencapai Rp 16 ribu per kilogramnya, kini dijual di harga Rp 14.500 perkilogramnya. Begitu juga dengan harga beras medium, yang sebelumnya dihargai Rp 14 ribu hingga Rp 15 ribu perkilogramnya, kini dijual di harga Rp 13.500 per kilogramnya.

    Sedangkan untuk beras lokal, saat ini dijual di harga Rp 11 ribu hingga 12 ribu per kilogramnya. Menurut pedagang, penurunan tersebut terjadi disebabkan, oleh panen raya padi di Kabupaten Kebumen, yang menyebabkan stok beras melimpah.

    Selain beras, penurunan harga juga terjadi pada daging ayam negeri, yang pada lebaran kemarin dijual di harga Rp 40 ribu, saat ini turun menjadi Rp 37 ribu per kilogramnya. Meski sudah mengalami penurunan, namun pedagang mengaku omsetnya turun, usai lebaran. Salah satu pedagang pasar Tumenggungan  Hj Nurifah menyampaikan harga beras mengalami penurunan. 

    "Turun untuk premium saja sudah Rp 14.5 ribu yang lokal Rp 11 ribu. Untuk premium Rp 14.500, yang medium yang bagus  Rp 13.500," tuturnya.

    Harga menurun sehabis lebaran, dengan adanya penen raya. Melimpahnya barang disertai dengan sepinya pembeli membuat harga turun. Pedagang lainya Badriyah menyampaikan untuk daging ayam harga sebelumnya Rp 40 ribu sekarang sudah Rp 37 ribu. Sedangkan  ceker Rp 36 ribu. 


    "Penurunan dua hari ini, pas lebaran kemarin aku jual Rp 40 ribu, untuk pembeli sudah berkurang, kan sudah pada balik," ucapnya. (mam)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top