• Berita Terkini

    Rabu, 06 Maret 2024

    Hadirkan Guru Besar ITS, K3SM SMP Gelar Kuliah Bestari

     


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Hadirkan Guru Besar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Kelompok Kerja Kepala Sekolah Muhammadiyah (K3SM) SMP Kebumen menggelar Kuliyah Bestari. Kuliah dilaksanakan di Aula PDM Muhammadiyah Kebumen, Senin (4/3).

    Adapun dua Guru Besar ITS tersebut yakni  Ketua Dewan Profesor ITS Prof Eng Imam Robandi  dan Guru Besar Departemen Teknik Industri ITS Prof Budi Santoso Wirdjodirdjo. Kuliyah Bestari dilaksanakan dengan mengusung tema “Penguasaan Teknologi Mutakhir Guru Milenial”

    Prof Eng Imam Robandi  menyampaikan Kuliyah Bestari mempunyai arti kuliah memandaikan orang. Sebab makna Bestari adalah pandai. Teknologi merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk membantu manusia. Namun demikain perkembangan teknologi juga sangat pesat. Bahkan terkadang beberapa manusia tidak dapat mengikutinya.

    “Oleh sebab itu, penting sekali memilih teknologi apa yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu dalam kegiatan belajar mengajar. Tidak semua teknologi tentunya, namun kita memanfaatkan teknologi yang dapat membantun mencerahkan para siswa,” tuturnya.

    Para siswa saat ini, lanjutnya, merupakan anak-anak milenial yang setiap harinya membutuhkan teknologi dan sangat dekat dengan teknologi. Jangan sampai anak-anak mendapatkan informasi yang tidak jelas asal-usulnya.

    “Nah dalam hal ini penting sekali guru berkreatifitas membuat video dan menyajikan informasi kepada anak didiknya melalui teknologi. Sebab guru itu tahu mana yang baik dan tidak. Pengetahunan guru juga sudah kumplit, tinggal hanya memberikan sedikit sentuhan teknologi,” katanya.

    Dalam praktiknya, guru sebisa mungkin membuat video pengajaran yang menjelaskan tentang materi pelajaran. Hal ini kemudian diupload ada media sosial seperti youtobe atau lainnya. Para siswa diberi link video tersebut sehingga bisa mengakses untuk belajar.

    “Saat ini banyak media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk mengupload video pengajaran tersebut. Siswa dapat membuka dan belajar dari video yang disajikan,” terangnya.

    Sementara itu, Ketua K3SM SMP Kebumen Imam Romzan Fauzi SThI menyampaikan dengan kegiatan ini diharapkan para guru dapat menyesuaikan dengan era sekarang. Dimana anak-anak itu teknologi wawasannya sangat luar biasa. 

    “Diharapkan guru dapat beradaptasi dengan siswa dan teknologi. Saat ini anak tidak hanya mendapatkan informasi dari guru saja melainkan banyak mendapatkan dari teknologi informasi. Guru juga diharapkan dapat memanfaatkan teknologi dengan baik untuk membantu pembelajaran,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top