• Berita Terkini

    Selasa, 27 Juni 2023

    Kapolri Kurban Sapi di Kebumen


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Pondok Pesantren Al Hasani Desa Jatimulyo Alian kembali menerima bantuan berupa satu ekor sapi kurban untuk perayaan Idul Adha 1444 H. Ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Bantuan tersebut merupakan kali ke dua, pasalnya pada Idul Adha kemarin Ponpes Al Hasani juga mendapat bantuan serupa.


    Bantuan diterima Pengasuh Pondok Pesantren Al Hasani Gus Fachrudin Achmad Nawawi, Senin (26/6/2023). Rencananya, sapi tersebut akan dikurbankan besok dengan hewan kurban lainya di pondok Al Hasani. Biasanya saat Idul Adha Ponpes tersebut menyembelih beberapa hewan kurban. Ini mulai dari kambing hingga sapi.


    Atas bantuan tersebut, Gus Fachrudin Achmad Nawawi pun menyampaikan terima kasih kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Menurutnya, ini merupakan sebuah bentuk kepedulian dari Kapolri terhadap Pondok Pesantren khususnya Al Hasani.

    “Atas nama Pondok kami ucapkan banyak terimakasih kepada bapak Kapolri. Semoga Polri bisa semakin dekat dan dicintai masyarakat,”  tuturnya.

    Adapun penyemebelihan akan dilakukan usai melaksanakan Sholat Ied di halamam masjid pondok. Sedangkan dagingnya akan dibagikan ke masyarakat.


    Gus Fachrudin Achmad Nawawi juga menyampaikan pada Idul Adha tahun lalu, sedang terjadi wabah PMK. Alhamdulillah kali ini PMK tidak lagi menyerang. Beberapa waktu lalu, memang terdapat wabah sapi yakni LSD. “Namun demikian mudah-mudahan wabah sudah selesai. Sehingga masyarakat aman dalam mengkonsumsi daging sapi,” paparnya.

    Pada Idul Adha kemarin, lanjut Gus Fachrudin, Ponpes Al Hasani menyembelih empat ekor sapi dan tiga kambing. Satu ekor sapi diantaranya merupakan bantuan dari Kapolri dan satu ekor kambing dari DPR Porvinsi Jawa Tengah Bambang Eko Purnomo. Sisanya dari masyarakat sekitar. Sedangkan untuk daging kurban hasil penyembilan dibagikan ke masyarakat dan para santri.


    Berkurbann saat Idul Adha juga berguna sebagai aksi sosial dan kemanusiaan. Ini menyangkut aspek kemanusiaan sosial. Di mana setiap manusia harus saling berbagi kepada sesama. Agar tercipta kehidupan sosial bermasyarakat yang harmonis.


    Bukan hanya itu, keutamaan berkurban Idul Adha dapat menghubungkan rasa kasih sayang dan kepedulian antara fakir miskin dengan golongan orang yang mampu. “Kurban menjadi salah satu cara agar setiap umat dapat merasakan kenikmatan rezeki dan berkah yang senantiasa diberikan Allah kepada setiap hambanya,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top