• Berita Terkini

    Selasa, 16 Mei 2023

    Peringati Harlah Ke-89, GP Ansor Gelar Turnamen Catur


    KUTOWINANGUN(kebumenekspres.com)- Dalam rangka memeriahkan Hari Lahir (Harlah) GP Ansor Ke-89, PC GP Ansor Kebumen menggelar turnamen catur. Ini diikuti oleh masing-masing rekomendasi dari 26 Kecamatan Se-Kabupaten Kebumen, Minggu (14/5/2023).


    Acara juga dihadiri Penasehat Percasi Kebumen Gus Faukhan Fawaqi Al-Hasani, Wakil Ketua Percasi Paimun, Bendahara Percasi Jatmiko Prasojo, Ketua Bidang Pertandingan Wasit Heru Riyanto, PC GP Ansor Kabupaten Kebumen, MWCNU dan Banom NU Kutowinangun beserta Jajaran Perwakilan SMK Ma’arif 7 Kutowinangun. 


    Turnamen catur tersebut merupakan serangkaian kegiatan dari Peringatan Hari Lahir GP Ansor Ke-89 yang diadakan di SMK Ma’arif 7 Kutowinangun. Turnamen catur terselenggara atas kerjasama antara PC GP Ansor Kebumen dengan Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Kebumen. Peserta bersifat umum tetapi dengan catatan wajib memakai peci hitam dan mendapatkan Surat Rekomendasi PAC GP Ansor Setempat.


    Penasehat Percasi Kebumen Gus Faukhan Fawaqi Al Hasani mendukung dengan sangat turnamen-turnamen seperti itu. Pihaknya berharap akan terus ada kejuaraan lainnya di kemudian hari. 

    “Perlu diketahui, dengan mengandalkan kedalaman berfikir dan kesabaran seseorang untuk memahami kondisi dan merancang strategi. Catur memiliki ikatan erat dengan filosofi, karena mampu mengasah ketajaman akal dan budi,” tuturnya.


    Sementara itu, Ketua Panitia Harlah GP Ansor Ke-89 PC GP Ansor Kebumen Muhammad Amin Fitriyadi mengatakan kegiatan ini selain menyambut Harlah GP Ansor Ke-89, juga bagian untuk meningkatkan falsafah as siasah (adu strategi). Filosofi catur ini menggambarkan bahwa di dunia pasti ada kebaikan dan kejahatan. 


    Keduanya merupakan pilihan, tergantung langkah yang ia pilih. Seperti papan catur, langkah demi langkah yang kita ambil akan selalu memberi makna untuk ke depannya. “Bisa saja, kita terperosok dan jatuh. Maka disinilah seni mengambil keputusan,” terangnya


    Terakhir, kejuaraan turnamen catur tersebut diambil hanya Juara 1, juara 2 dan Juara 3. Total peserta berjumlah 30 orang  turnamen catur. Ini dimulai sejak pukul 08.00 sd 16.00 WIB di SMK Ma’arif 7 Kutowinangun. 


    "Kemenangan dan kekalahan dalam sebuah permainan, tak pernah lepas dari strategi dan pengalaman. Untuk dapat memperoleh kemenangan, tentunya membutuhkan strategi yang kuat yang tak terkalahkan. Namun untuk dapat membentuk keterampilan, perlu jam terbang pengalaman,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top