• Berita Terkini

    Rabu, 10 Mei 2023

    Desa Pejengkolan Jadi Sasaran Program TMMD

     


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Desa Pejengkolan Kecamatan Padureso menjadi sasaran program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-116 Tahun 2023. Terhitung mulai  Rabu (10/5/2023), program Kodim 0709 Kebumen tersebut telah dilaksanakan. 


    Upaca pembukaan di Lapangan Desa Pejengkolan menandai dimulainya program yang dijadwalkan bakal berlangsung hingga 8 Juni 2023 tersebut. Hadir kemarin, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang didaulat menjadi inspektur upacara.


    Kemudian, Danrem Korem 072 Pamungkas, Brigjen TNI Joko Purnomo, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 072/Pamungkas,  Kasiter Kasrem 072/Pmk Kolonel Kav Agus Waluyo SIP, Dandim 0709 Kebumen, Letkol Czi Ardianta Purwandhana. Juga tampak, Kapolres Kebumen, AKBP Burhanuddin, SIK SH MH, Ketua DPRD Kebumen, H Sarimun SSy serta jajaran Forkompimcam dan Forkopimda Kabupaten Kebumen.


    Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto SH mengatakan, kegiatan program TMMD ini sebagai bentuk program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sekaligus, mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang semakin kokoh untuk bersama-sama memajukan pembangunan wilayah.

    “Tugas kita bersama-sama adalah untuk membangun kemajuan Kabupaten Kebumen yang tercinta ini menjadi Kabupaten Kebumen yang Smart Environment (lingkungan cerdas), smart society (masyarakat cerdas) dan smart economy (ekonomi cerdas),” kata Arif.


    TMMD Reguler ke-116 dilaksanakan selama 30 hari kedepan yang akan berlangsung dari mulai tanggal 10 Mei hingga tanggal 8 Juni 2023. Acara juga ditandai dengan penandatanganan dan dilanjutkan dengan Pelaksanaan peletakan Batu pertama secara simbolis di lokasi TMMD serta Peninjauan ke Lokasi RTLH.

    Bupati menuturkan, TMMD ini sangat berperan penting dalam pembangunan suatu kemajuan kabupaten. Arif menilai kemanunggalan TNI dalam pelaksanaan TMMD ini terbukti keseriusan dan jiwa patriot TNI dimulai dari pra kegiatan. Hal itu diwujudkan dengan banyaknya permohonan dari TMMD dari setiap desa.

    "Dalam satu tahun ada tiga kali itu tidak cukup, sudah ditambah dengan Karya Bakti Manunggal, inilah wujud kemanunggalan TNI kepada masyarakat," katanya.

    Selain itu, Bupati menerangkan, di era keterbukaan informasi saat ini, pemerintah dan aparat harus mampu memberikan informasi yang positif kepada masyarakat. Dengan penyampaian hal-hal positif ini diharapkan dapat membendung informasi hoax yang beredar di masyarakat.

    "Jangan sampai masyarakat menerima informasi yang tidak baik, dengan kegiatan TMMD ini minimal menjadi media penyampaian informasi kebaikan kepada masyarakat, baik melalui pemberitaan maupun media sosial itu penting, karena ada informasi kebohongan yang terus disebar oleh pihak-pihak yang berusaha memecah-belah NKRI, ini harus di cegah dengan TMMD ini bisa menjaga solidaritas jangan sampai luntur," katanya.

    Tak hanya itu, TMMD bermanfaat dalam kurun waktu, manfaat ini hasilnya jangka panjang serta dalam pelaksanaanya TNI menjangkau tempat-tempat yang sulit. Bupati meminta, camat dan kepala desa dapat merespon serta memanfaatkan kesempatan ini.

    "Belum tentu dikesempatan mendatang masih ada, camat dan kepala desa harus digerakan rame-rame bergotong-royong menumbuhkan kebersamaan, negara luar sangat iri dengan keragaman dan kekompakan ini," ujar Bupati.


    Dandim 0709 Kebumen, Letkol Czi Ardianta Purwandhana SHub Int MHan menjelaskan, kegiatan TMMD ke-116 difokuskan pada kegiatan fisik berupa pekerjaan Rabat Beton, dan Talud  sebagai akses jalan masyarakat semua itu salah satu wujud pembangunan jalan kurang lebih sepanjang 1.150 meter,  lebar 3 meter, tebal 0,15 meter dan Talud panjang 221 meter, tinggi. 1,5 meter, Lebar  0,30 meter


    Selain itu, ada tambahan prpgram fisik Pembuatan gorong  gorong 4 unit ,Rehab RTLH 4 unit bantuan dari Pemkab Kebumen, Rehab RTLH 1 unit bantuan dari CSR BRI Cabang Kebumen. "Dalam kondisi cuaca yang kurang bersahabat akhir-akhir ini saya harapkan Prajurit saling menjaga kondisi kesehatan dan tetap semangat dalam membantu masyarakat. Terima kasih juga atas dukungan Pemerintahan Kabupaten Kebumen atas kegiatan Bakti TNI Kodim 0709 Kebumen,” ujar Dandim. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top