• Berita Terkini

    Selasa, 07 Februari 2023

    Polres Kebumen Gelar Operasi Keselamatan Candi Tahun 2023


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Kabupaten Kebumen masih tergolong tinggi. Data menunjukkan, di tahun 2022 lalu, mencapai 907 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 149 orang meninggal dunia.


    Selain itu sebanyak 1.036 korban lainnya mengalami luka ringan. Adapun kerugian material  mencapai Rp 375,95 juta. Di awal tahun 2023 ini, kasus kecelakaan lalu-lintas di Kebumen sudah tercatat 86 kejadian dengan jumlah korban meninggal 14 orang, serta 103 korban lainnya mengalami luka ringan. 


    Sebagian besar dari kasus kecelakaan berawal dari rendahnya kesadaran warga dan pengguna jalan untuk tertib berlalu lintas. Untuk itulah, Polres Kebumen menggelar  Operasi Keselamatan Candi Tahun 2023. Kegiatan yang  7 hingga 20 Februari 2023 mendatang tersebut dibuka  Selasa (7/2/2023).


    Hadir kemarin, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto juga Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin beserta jajaran. Penyematan pita biru oleh Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin kepada perwakilan personel menandai dimulainya Operasi Keselamatan Candi Tahun 2023



    Kapolres berharap operasi akan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas."Diharapkan dengan dilaksanakannya Operasi Keselamatan Candi Tahun 2023 ini, dapat meningkatkan kedisiplinan warga masyarakat dalam berlalu-lintas. Selain itu juga menurunkan angka kecelakaan lalu-lintas dan pelanggaran lalu-lintas serta fatalitas korban kecelakaan lalu-lintas,” tuturnya, di halaman Mapolres Kebumen.




    “Melalui operasi ini, Polres Kebumen mengedepankan kegiatan preemtif 40 persen, preventif 40 persen, dan penegakan hukum 20 persen,” tegas AKBP Burhanuddin. 


    Operasi Keselamatan Candi Tahun 2023, sekaligus operasi cipta kondusif keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu-lintas menjelang Perayaan Idul Fitri 1444 Hijriyah Tahun 2023.


    Pada Operasi tersebut Polres Kebumen menerjunkan 80 personel gabungan. Selanjutnya yang akan diperkuat oleh personel TNI serta Disperkimhub Kabupaten Kebumen. 

    Sementara itu, dengan adanya Operasi Keselamatan Candi ini, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menghimbau kepada seluruh masyarakat agar senantiasa patuh terhadap semua aturan lalu lintas. Ini demi keselamatan dalam berlalu lintas.

    “Pengguna kendaraan bermotor agar menggunakan helm , membawa STNK dan SIM. Ini merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan,” ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top