• Berita Terkini

    Jumat, 13 Januari 2023

    RMT Sajikan Tour Sehat Kaya Akan Sejarah


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Tahun Baru Imlek atau lunar new year akan diperingati pada 22 Januari 2023 mendatang. Imlek sendiri merupakan acara besar bagi masyarakat Tionghoa. Imlek tahun 2023 akan menjadi tahun bagi Shio Kelinci dengan elemen air. 


    Sama halnya seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2023 ini, Roemah Martha Tilaar (RMT) Gombong akan kembali menggelar acara perkenalan budaya yang bertajuk “Mini Tour Imlek”. 

    Tour Imlek adalah agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Roemah Martha Tilaar yang dikenal sebagai rumah budaya dan rumah berkegiatan bagi para komunitas lokal. Adapun tujuan dari Tour Imlek sendiri untuk memperkenalkan tradisi Masyarakat Tionghoa dalam menyambut tahun baru. 


    Proses perkenalan budaya tersebut dimulai dari pengenalan alat dan barang yang dipakai dalam sembahyang. Selain itu juga makna dari setiap hidangan yang disajikan, serta tata cara Sembahyang Imlek. 

    Peserta pun akan diajak dalam sesi diskusi terkait acara sembahyang yang baru saja disaksikan. Nantinya dalam sesi tersebut peserta dapat menanyakan berbagai hal terkait dengan Imlek kepada para narasumber. 

    Tak hanya itu, para peserta juga akan diajak berjalan-jalan ke klenteng Hok Tek Bio Gombong untuk mengenal lebih dekat seluk-beluk tempat ibadah bagi para masyarakat Tionghoa.  “Klenteng Hok Tek Bio dapat ditemuh dengan berjalan kaki dan terletak tidak jauh dari Roemah Martha Tilaar,” tutur Kepala Pengelola Roemah Martha Tilaar Alona Ong.


    Tak hanya seputar sembahyang, lanjut Alona, peserta akan diperkenalkan pada ornamen-ornamen yang menjadi ciri Khas Imlek yang biasanya berwarna merah terang dipadukan dengan warna emas. Sebagai contoh seperti lampion yang biasa dipasang di rumah-rumah atau Klenteng.


    “Tentunya hal tersebut bukan tanpa alasan dipilihnya warna merah dan dipasangnya beberapa ornamen yang membuat setiap perayaan Imlek selalu meriah,” katanya. 

    Selain ornamen, adapula Barongsai dan Liong yang sering dipentaskan saat Imlek. Tentunya hal tersebut mengundang penasaran ada cerita apakah di balik pementasan Barongsai dan Liong saat Imlek.

    “Semua rasa penasaran akan terjawab dalam Mini Tour Imlek di Roemah Martha Tilaar yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2023 pukul 13.00 WIB hingga selesai,” jelasnya.


    Mini Tour tersebut akan terbuka untuk umum bagi para masyarakat yang ingin mengenal lebih dekat Budaya Tionghoa. Ini dan tidak terbatas bagi usia tertentu. Anak-anak, remaja, bahkan orang tua dapat ikut serta dalam tour tersebut. 

    Dengan kontribusi Rp 30 ribu, selain mendapatkan pengetahuan dan kegiatan positif, setiap peserta juga dapat mencicipi salah satu hidangan sehat Khas Imlek yang telah disediakan. 

    “Untuk informasi selengkapnya dan pendaftaran peserta dapat menghubungi langsung ke Roemah Martha Tilaar yang beralamat di Jalan Sempor Lama Nomor 28 Gombong,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top