• Berita Terkini

    Minggu, 08 Januari 2023

    Ribuan Pemancing Berlomba di Pantai Ambal


    AMBAL (kebumenekspres.com)-Ribuan penghobi mancing dari berbagai penjuru di Jawa Tengah, mengikuti lomba mancing yang diadakan oleh Komunitas Pasiraner Kebumen. Mereka beradu kebolehan, untuk mendaratkan ikan terberat dan memperoleh gelar juara. 


    Kegiatan sendiri diadakan di Obyek Wisata Pantai Kecamatan Ambal, Minggu (8/1/2023). Panitia menyediakan hadiah Rp 7 juta untuk Juara 1, bagi peserta yang mendapatkan ikan dengan bobot paling berat.


    Ketua Panitia yang juga Ketua Komunitas Pasiran Kebumen Setya Adi Nurcahya menuturkan mancing bareng Komunitas Pasiraner Kebumen kali ini,  dilaksanakan dalam rangka HUT yang ke 4. Ini dengan mengusung tema "Semua Bersaudara".  Dimana event tersebut ini adalah agenda rutin setiap tahun. Sebagai ajang silaturahmi bagi para penghobi mancing dari seluruh wilayah di Jawa Tengah. 


    Dijelaskan, Pasiraner Kebumen merupakan suatu Komunitas Mancing Pasiran, atau mereka yang suka atau hobi memancing di pinggiran pantai. Dalam event kali ini, diikuti oleh 1.657 peserta dari Pacitan, Yogyakarta, Purworejo, Kebumen, Cilacap, Wonosobo, yang tergabung dalam 82 komunitas mancing. 


    Waktu perlombaan dimulai dari pukul 07.00 sampai pukul 11.00 WIB. Inidengan kategori juara ikan sisik dan non sisik. Juaranya, adalah pemancing yang bisa mendaratkan ikan terberat dan ditimbang oleh panitia. 

    Menurutnya, lomba mancing tersebut juga untuk mensukseskan Program Semarak Kabupaten Kebumen. Ini dilakukan dengan memperkenalkan potensi Obyek Wisata Pantai Ambal resmi. Serta meningkatkan perekonomian masyarakat, dan pedagang yang ada di Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen. 


    “Pasiran Kebumen adalah suatu komunitas mancing Pasiran yang terdiri dari penghobi mancing Pasiran pinggir laut, peserta terkonfirmasi ada 1.657 yang terdiri dari 82 komunitas yang tersebar dari mulai Pacitan, Yogyakarta, Purworejo, Kebumen, Cilacap, Wonosobo,” paparnya.


    Sementara itu, salah seorang peserta dari Yogyakarta Riskiantoro mengaku senang dengan adanya lomba mancing yang diadakan oleh Pasiraner Kebumen. Ia juga merasa bersyukur, bisa menambah persaudaraan dengan penghobi mancing dari berbagai daerah. 


    Terlebih panitia menyediakan berbagai macam doorprize, bagi para peserta. Hal inilah yang kemudian menambah semangat bagi para penghobi mancing datang dari berbagai daerah untuk unjuk kebolehan dalam perlombaan. 


    "Tambah sedulur, tambah teman, tambah pengalaman dan tambah wawasan baru. Paling dekat si pantai Jetis Kertojaya. Doorprizenya lumayan ada kulkas, kipas angin terus sepeda masih banyak,”  paparnya.

    Ketua Komunitas Mancing Angler Segala Medan (ASM) Suradi Landung menyebutkan banyak komunitas pemancing dari seluruh Jawa Tengah yang datang untuk ikut dalam lomba yang digelar oleh Pasiraner Kebumen. Menurutnya, hal tersebut dapat mempersatukan para pemancing, untuk berbagi ilmu dan pengalaman. 


    “Jadi menurut saya untuk mancing bareng Pasiran Kebumen ini sangat baik sekali karena bisa mempersatukan kami dari  para pemancing. Ini  baik dari seputaran Jawa Tengah seperti Purworejo, Yogyakarta,  dan beberapa daerah lain.  Artinya event tersebut mempersatukan dari beberapa komunitas,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top