• Berita Terkini

    Senin, 05 Desember 2022

    Embung Stinggil Sadang Kebumen , Destinasi Wisata Pegunungan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Siapa sangka, embung yang merupakan sebuah danau buatan manusia yang awalnya dibangun untuk dijadikan sebagai tempat penampungan air tadah hujan, kini bisa disulap menjadi destinasi wisata alam nan sangat indah.


    Fungsi awal embung yakni untuk menampung air sekaligus menyuplai perairan. Ini untuk kebutuhan pertanian dan perumahan di kawasan pegunungan. Namun lokasi tersebut kini dikelola oleh warga desa untuk dijadikan destinasi wisata.


      Seperti yang terlihat pada Embung Stinggil di Dukuh Gunung Mujil Desa Wonosari Kecamatan Sadang menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kebumen yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya yang berada di kawasan pegunungan Utara Kebumen, Embung Stinggil tampak mempesona dengan dikelilingi landscape pemandangan alam perbukitan di kanan kirinya. 


    Masyarakat setempat juga menambahkan ornamen atau spot tertentu yang membuat embung terlihat lebih cantik dan mempesona sehingga berhasil menarik wisatawan.

    "Pemandangan di Embung Stinggil ini luar biasa indah mas. Kanan kirinya berupa perbukitan memanjang terlihat seperti mengelilingi embung ini," tutur salah satu pengunjung Albarjanji. 


    Albar sengaja datang ke Embung Stinggil karena penasaran dengan kabar yang beredar di media sosial. Ini tentang keindahan yang ditawarkan. Meski terbilang baru Embung Stinggil ternyata mampu menyedot minat pengunjung untuk datang.


    "Landscape pemandangan kawasan perbukitan yang terlihat seperti  mengelilingi embung sungguh sangat indah. Syahdu dan sejuk udaranya ditambah pengelola sudah menyediakan perahu bebek di embung buat anak-anak, cocok untuk berwisata keluarga mas,” lanjutnya.


    Hal senada disampaikan Miskun (30) warga Desa Wonosari yang mengaku senang sejak dibukanya Embung Stinggil sebagai tempat wisata di desanya. Menurut Miskun bisa hampir setiap sore terlebih weekend dirinya menghabiskan waktu sore hari di embung yang dibangun sejak 2013 lalu. 


    "Hampir setiap sore saya bawa anak istri kesini. Tempatnya enak sejuk udaranya. Tempat ini baru dibuka buat wisata, tiket masuknya gak ada cuma bayar parkir Rp 2 ribu mas," kata Miskun. 

    Meski terbilang baru Pemerintah Desa Wonosari terlihat serius untuk menjadikan Embung Stinggil menjadi destinasi wisata alam yang menjadi unggulan desa. 

    Tempat ini menyajikan suasana alam khas pegunungan yang sangat sejuk dan bisa memanjakan mata untuk dilihat. Dengan latar belakang pemandangan memanjang kawasan perbukitan, semakin menambah indah membuat pengunjung kian merasa betah untuk berlama-lama di tempat ini.

    Pengelola mulai menyediakan beberapa spot foto dengan berlatar belakang keindahan alam dataran tinggi, warung tempat makan atau sekedar untuk menikmati segelas kopi juga tersedia. 

    "Warung-warung jajan, kopi dan buah kelapa muda sudah banyak berdiri. Perahu bebek juga udah disediakan untuk anak anak yang mau bermain di wahana air langsung di embung," jelas Camat Sadang Farita Listiyati saat mengunjungi Embung Stinggil, Senin (5/12/2022).


    Diakui Farita, Embung Stinggil dikelilingi perbukitan hijau, sehingga membuatnya tampak asri. Airnya yang berwarna hijau pekat pun terasa menyegarkan mata.

    Embung ini juga dikelilingi taman mini yang indah, bisa jadi spot foto yang instagramable atau sekedar duduk santai. Indahnya Embung Stinggil semakin terasa saat berkunjung pada sore hari, suasana syahdu di embung ini bikin hati tenang.

    "Pengunjung akan disuguhkan dengan view perbukitan alami yang indah dari jarak yang cukup dekat. Dengan latar belakang tersebut cocok menjadi spot foto yang menarik," ungkapnya.

    Pemerintah desa tengah berupaya agar destinasi Embung Stinggil dapat dikembangkan semaksimal mungkin. Seperti tambahan fasilitas tempat swafoto maupun pusat kuliner. Infrastruktur jalan menuju lokasi juga perlu ada pembenahan, meski kondisi jalannya pun relatif cukup baik bisa dijangkau dengan kendaraan baik roda dua dan roda empat.

    Tempat wisata ini menyediakan tempat untuk parkir kendaraan motor dan mobil yang cukup luas, sehingga para wisatawan tidak perlu takut tidak kebagian tempat parkir. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top