• Berita Terkini

    Senin, 12 Desember 2022

    Belajar Bahasa Inggris Jadi lebih Asyik dengan LKS Interaktif, Liveworksheet.com

     


     Oleh: Erika Artha Dini, S.PD

    Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam menunjang peningkatan kemampuan siswa adalah hal yang kerap dilakukan oleh guru. LKS adalah suatu bahan ajar berupa lembaran berisi tugas yang di dalamnya terdapat soal-soal, petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas. Menurut Trianto (2007:73), LKS dapat berupa panduan untuk latihan pengembangan aspek kognitif maupun panduan untuk pengembangan semua aspek pembelajaran dalam bentuk panduan eksperimen dan demonstrasi.


    Menurut Syarifuddin (1996), fungsi LKS ditinjau dari dua segi, yaitu dari segi siswa dan guru. Dari segi siswa, LKS dapat digunakan sebagai sarana belajar baik di kelas, di ruang praktek, ataupun diluar kelas. Kedua, dapat digunakan sebagai sarana belajar  dimana siswa berpeluang besar untuk mengembangkan kemampuan, menerapkan pengetahuan, melatih keterampilan dan memproses diri sendiri atau mendapatkan perolehannya. Dari segi guru, LKS dapat digunakan dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang menekankan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Guru hanya memberikan instruksi bila diperlukan oleh siswa.


    Beberapa manfaat dari LKS sendiri adalah, yang pertama sebagai bahan atau media ajar guru dalam memberikan dan mengarahkan siswa menguasai suatu konsep pengetahuan. Kedua, dapat digunakan sebagai kerangka bagi siswa untuk mengembangkan ketrampilan dalam memproses sebuah data maupun pengetahuan baru. Dalam hal ini siswa akan menjadi terbiasa berpikir secara sistematis sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat pada LKS.


    Teknologi dan Informasi  (TIK) yang berkembang sangat maju pada era digital abad 21 saat ini telah merubah pola hidup masyarakat dan siswa. Perubahan tersebut terjadi pada semua aspek kehidupan siswa, baik dalam menjalankan aktivitas sehari-hari seperti bersosialisasi, bekerja, belajar, maupun dalam bermain. Kemajuan teknologi juga merubah sendi kehidupan, salah satunya dalam bidang pendidikan. Hal ini menjadikan guru harus lebih inovatif dalam memfasilitasi media pembelajaran siswa sesuai dengan zamannya. 


    Penggunaan LKS sendiri harus senantiasa disesuaikan dengan perkembangan zaman. Di era teknologi ini siswa mudah sekali merasa bosan akan pembelajaran dikelas, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Sebagai pendidik, kita harus senantiasa memberikan solusi dalam meningkatkan motivasi belajar mereka. 


    Salah satunya kita bisa menggunakan media LKS interaktif bernama Liveworksheet.com. Liveworksheets.com merupakan sebuah laman yang berisikan lembar kerja interaktif yang menggunakan teknologi untuk membantu siswa belajar khususnya Bahasa Inggris secara interaktif. Pada laman liveworksheet siswa dapat menjawab pertanyaan dan melakukan latihan secara langsung pada dokumen yang dibagikan oleh guru. Dengan menggunakan liveworksheets siswa mampu belajar dengan mandiri, namun tetap terhubung dengan guru dan teman-temannya, sehingga mempermudah koordinasi dan pertukaran informasi.


    Konten dari  Liveworksheets.com khususnya untuk pelajaran Bahasa Inggris bisa berbeda tergantung pada materi yang sedang diajarkan oleh guru. Namun, secara umum, penggunaan liveworksheets pada pelajaran Bahasa Inggris SMA biasanya mencakup pertanyaan dan latihan yang berkaitan dengan materi yang sedang diajarkan, seperti struktur kalimat atau grammar, kosakata atau vocabulary, dan peningkatan skill mendengarkan atau listening comprehension. Liveworksheets juga bisa berisi pertanyaan dan latihan yang berkaitan dengan dialog atau teks bacaan yang sedang dipelajari. Selain itu, laman interaktif ini juga bisa berisi tugas-tugas dapat diselesaikan oleh siswa tergantung dari skill apa siswa tersebut akan dinilai (reading, speaking,listening mapun writing). Contohnya seperti menulis paragraf atau menyusun kalimat-kalimat menggunakan kosakata yang telah dipelajari.


    Cara pemberian feedback kepada siswa pada live worksheets dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya:


    Pemberian feedback secara langsung pada jawaban siswa oleh guru pada dokumen liveworksheet. Dalam hal ini, guru dapat menambahkan komentar atau memberikan tanda yang menunjukkan jawaban siswa yang benar atau salah. Khususnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris, guru dapat dengan mudah memberikan pembetulan apabila terdapat kesalaha dalam struktur kalimat maupun kesalahan mengetik (Typo).


    Pemberian feedback oleh siswa kepada teman sekelasnya dengan menambahkan komentar pada jawaban teman sekelasnya di laman dokumen liveworksheets. Ini dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan belajar secara kolaboratif.


    Guru dapat meminta siswa untuk menampilkan jawaban mereka di depan kelas, sehingga guru dan teman sekelasnya dapat memberikan komentar dan berdiskusi secara langsung. Kegiatan ini dapat membantu siswa memperbaiki jawaban mereka dan meningkatkan kemampuan berbicara mereka dalam Bahasa Inggris.


    Setelah selesai mengerjakan, guru dapat meminta siswa untuk mengirim jawaban mereka kepada guru melalui email atau platform belajar online, sehingga guru dapat memberikan feedback secara tertulis. Ini dapat membantu siswa memperbaiki jawaban mereka dan memahami materi yang dipelajari secara lebih mendalam.


    Pada praktiknya, penggunaan Liveworksheet sangat membantu guru maupun siswa dalam kegiatan belajar dan mengajar di kelas terutama dalam pelajaran Bahasa Inggris. Dengan banyaknya fitur dan sumber belajar yang terapat pada laman liveworksheet.com, guru tidak akan kehabisan materi dan pertanyaan serta tugas terkait maa pelajarannya.


    Dari segi siswa, mereka pun menjadi lebih termotivasi dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan karena banyaknya fitur dan animasi yang menarik. Hal ini tentunya sejalan dengan tantangan Pendidikan abad 21 yang mengharuskan kita sebagai seorang guru, mampu menjadi fasilitator bagi siswa dalam mencapai target pengetahuan tertentu. 

    Penulis adalah Guru SMA Negeri 1 Kebumen


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top