• Berita Terkini

    Jumat, 28 Oktober 2022

    Rayakan Hari Jadi, Pemdes Jatimulyo Gelar Festival Gogoh


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Ratusan warga Desa Jatimulyo Petanahan ramaikan Festival Gogoh Iwak. Ini dalam rangka Hari Jadi Desa Jatimulyo ke 98. Antusias warga terlihat jelas tak hanya orang tua, anak-anak dan remaja pun ikut meramaikan kegiatan tersebut, Kamis (27/10/2022).


    Gogoh iwak atau menangkap ikan tanpa menggunakan bantuan alias tangan kosong  tersebut digelar di area persawahan seluas 700 meter persegi. Selain hasil tangkapan bisa dibawa pulang, warga yang berhasil menangkap ikan dengan bobot terberat juga berhak mendapatkan doorprize menarik seperti kompor gas, blander, setrika dan masih banyak lagi.


    Kepala Desa Jatimulyo Sabit Banani menjelaskan acara gogoh iwak semacam ini telah rutin digelar selama tiga tahun. Ini  dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Desa. Pada gogoh iwak kali ini, sebanyak lebih dari 2 kwintal ikan jenis lele di tabur di area persawahan untuk ditangkap oleh warga seacara beramai ramai.

    “Gogoh iwak ini merupakan acara tahunan desa yang sudah diselenggarakan selama tiga tahun.  Kali ini kami adakan di persawahan dengan menabur ikan lele sebanyak 2 kuintal lebih,” jelasnya. 


    Sabit berharap kedepan masyarakat tumbuh menjadi masyarakat yang memiliki daya saing  dan tidak kehilangan akar budaya dan tradisinya. Menurutnya hal tersebut sangat diperlukan sebuah desa agar bisa naik kelas. 


    “Diharapkan akar budaya tetap dipertahankan, ruang-ruang ekonomi baru dicari tetapi  dasar pijaknya adalah yang ada di tengah masyarakat,” imbuhnya.

    Selain gogoh iwak, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Desa, juga dilakukan beragam kegiatan seperti tasyakuran, atau slametan. Ini seperti  tabur benih ikan, pasar mitra tani dan  peresmian lumbung RMU dari kementrian pertanian.


    Salah satu warga, Deni Faturrohman mengatakn dirinya merasa senang mengikuti acara gogoh iwak tersebut. Selain bisa membawa pulang 13 ekor ikan lele hasil tangkapanya, Deni juga mendapat ikan lele terbesar dengan bobot kurang lebih 1 Kg dan mendapat doorprize 1 buah kompor gas. 

    “Dapat 13 ekor dan dapat yang terberat jadi dapat hadiah kompor gas juga, rencananya sampai rumah lelenya mau langsung dimasak,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top