• Berita Terkini

    Jumat, 12 Agustus 2022

    Kontingen Kebumen Berangkat ke Cibubur Ikuti Jamnas Pramuka


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Kabupaten Kebumen ikut ambil bagian dalam ajang Jambore Nasional (Jamnas) ke XI yang diadakan di Cibubur pada 12 sampai 21 Agustus 2022. Kontingen dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Kebumen itu berangkat,  Kamis (10/8/2022)


    Mereka dilepas  Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di Pendopo Kabumian pada Kamis 10 Agustus 2022. Pada kesempatan tersebut dihadiri segenap jajaran pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kebumen, dan orang tua dari para peserta.

    Kwarcab Kebumen sendiri mengirimkan 16 anggota Pramuka Penggalang untuk ikut kegiatan Jamnas XI. Dimana dari 16 tersebut dibagi dua regu. Regu putra sebanyak delapan orang, dan regu putri delapan orang.  


    "Ya, hari ini kita melepas adik-adik kita untuk ikut dalam kegiatan Jambore Nasional di Cibubur. Dari Kontingen Kebumen mengirimkan 16 orang, putra-putri, mereka adalah Pramuka Penggalang usia 11 sampai 16 tahun," ujar Bupati.

    Bupati menyampaikan selamat kepada seluruh peserta karena mereka berhasil lolos seleksi untuk mengikuti Jamnas ini. Sebab, tidak semua Pramuka dapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan nasional lima tahunan ini.

    "Ini yang berangkat sudah diseleksi dari Kwartir Ranting (Kwaran) dua putra, dan dua putri, kemudian diambil lagi oleh Kwarcab jadi 16. Jadi selamat kepada yang terpilih. Gunakan kesempatan ini untuk belajar dan cari pengalaman," terangnya.


    Bupati yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka (Kamabicab), juga meminta kepada para peserta menjadikan moment ini untuk mengenalkan Kebumen kepada peserta dari kontingen lain. "Ini adalah kegiatan nasional, kalian akan bertemu anak-anak Pramuka dari seluruh Indonesia dari Aceh sampai Papua. Maka carilah teman sebanyak-banyaknya. Ikut belajar dan bermain bersama, kenalkan Kebumen kepada mereka," tegas Bupati.


    Bupati sendiri mengaku pada saat sekolah SMP pernah aktif di Pramuka sebagai Penggalang dan pernah mengikuti Jambore Kabupaten di Bumi Perkemahan Widoro, Karangsambung. Baginya Pramuka memang mengasyikan. Melatih orang orang untuk selalu berbuat baik, peduli terhadap sesama.


    Karenanya, untuk menggulangi kenangan berkemah pada masa dulu, Bupati rencananya akan menyempatkan hadir untuk mengikuti Jamnas dihari yang akan ditentukan. "Insya Allah tanggal 18 saya akan ke sana, ikut Jamnas bersama adik-adik kita," tandasnya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top