• Berita Terkini

    Minggu, 21 Agustus 2022

    Kali Pertama, Upacara Hari Kebumen Jadi Digelar di Prembun


    KEBUMEN (kebumeneskpres.com)- Untuk kali pertama, Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kebumen ke 393 dilaksanakan di alun-alun Prembun, Minggu (21/8/2022). Kegiatan yang berlangsung di  di wilayah paling timur dari Kabupaten Kebumen itupun berlangsung khidmat






    Dalam kesempatan tersebut Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bertindak sebagai pembina upacara. Tampak hadir pula, Mantan Bupati Kebumen Amin Soedibyo,  Forkopimda, kepala OPD dan jajaranya, serta para camat dan jajarannya. Semua lengkap menggunakan baju adat Jawa.

    Bupati menyatakan, Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kebumen ke 393 tahun ini memang berbeda karena diadakan di Prembun. Hal ini karena, Prembun merupakan pintu gerbang masuknya kabupaten Kebumen dari sisi timur, dan menjadi wilayah strategis.


    "Kenapa dari Prembun, tentunya kita memaknai layaknya matahari terbit dari sebelah timur. Semangatnya dimulai dari sini kita akan perkuat ekonomi masyarakat dari timur sampai barat, dari utara sampai selatan," ujar Bupati.

    Pada sambutannya, Bupati juga menyampaikan tentang banyaknya capaian yang sudah diraih oleh pemerintah Kabupaten Kebumen. Termasuk yang terbaru adalah dikumandangkannya lagu hymne dan mars Kebumen, serta dikibarkanya panji-panji kecamatan.


    "Alhamdulillah pada hari jadi Kebumen tahun ini kita sudah punya hymne dan mars Kebumen yang sebelumnya belum pernah ada. Kemudian tadi juga dikibarkan bendera panji-panji kecamatan. Semua ini merupakan cermin dari jati diri masyarakat Kebumen," ucap Bupati.


    Kemudian tak lupa, pada kesempatan itu juga dilaksanakan penandatangan prasasti dan hibah beberapa benda bersejarah peninggalan mantan Bupati Kebumen RM. Said, sekaligus pemberian penghargaan kepada sejumlah dinas berprestasi dengan inovasi dan pelayanan masyarakatnya.

    Lalu pemberian hadiah kepada pemenang lomba desain logo Hari Jadi Kebumen ke 393 kepada saudara Riyan Sumarno. Ada juga pemberian hadiah kepada pemenang lomba cipta menu makanan sehat mewakili desa dan kelurahan yang ada di Kebumen.


    Kemudian penyerahan lomba inovasi desa tingkat kabupaten dengan hadiah mobil. Ada 12 desa yang berhasil ditetapkan sebagai pemenang lomba inovasi desa dengan hadiah yang sudah disiapkan oleh pemerintah. Bupati menyatakan, lomba akan diadakan tiap tahun."Tadi sudah kita berikan juga hadiah mobil untuk 12 desa yang menjadi pemenang dalam lomba inovasi desa. Ini adalah mobil operasional yang digunakan untuk kepentingan desa, dan pada tahun depan akan kita adakan lagi," ucap Bupati.

    Tak lupa, Bupati menyerahkan beasiswa bagi siswa kurang mampu secara simbolis untuk jenjang SD dan SMP, serta penyerahan penghargaan untuk juara lomba-lomba disdikpora, sekaligus penganugerahan tanda kehormatan satyalancana karya satya kepada sejumlah PNS di lingkup Pemkab Kebumen. (fur


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top