• Berita Terkini

    Minggu, 17 Juli 2022

    Terapkan PHBS, SMKN 1 Karanganyar Gelar Sosialisasi Kesehatan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- SMK Negeri 1 Karanganyar mengadakan sosialisasi terkait peningkatan edukasi kesehatan bagi remaja di sekolahnya. Ini bekerjasama dengan Puskesmas Karanganyar. Kegiatan yang berlangsung di Aula sekolah setempat itu dan dihadiri oleh 110 peserta didik dari kelas X dan XI, Jumat (15/7/2022). 


    Sosialisasi dilaksanakan mengingat pentingnya budaya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Ini baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah. Narasumber pada kegiatan tersebut yakni dr Wenny Hilda, Kunti Bela Antika SKep Ners, Sri Aminah AMdGz dan Retno Astuti SKM. 


    Keempatnya menyampaikan materi diantaranya kesehatan kejiwaan, reproduksi remaja, remaja sehat tanpa anemia, dan pentingnya nutrisi seimbang bagi remaja.

    Dalam penyampaiannya dr Wenny Hilda memaparkan kesehatan jiwa merupakan kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual dan sosial. Sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri. Selian itu juga dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya.


    Masa remaja, lanjutnya, merupakan masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Dalam hla ini terjadi perubahan besar pada aspek fisik, kognitif dan psikososial. “Pada masa remaja seseorang sedang gencar-gencarnya mencari jati diri. Dimana seseorang merasa takut, capek, trauma akan hal-hal tertentu dan mengkhawatirkan masa depan. Oleh karena itu agar sehat jiwanya, harus mampu menghadapi tantangan hidup, dapat menerima orang lain sebagaimana adanya, mempunyai sikap positif terhadap diri sendiri dan orang lain,” tuturnya.


    Tak heran, jika masa remaja salah satu fase perkembangan manusia yang paling pesat. Anak di usia remaja juga cenderung memiliki rasa penasaran yang tinggi. Tanpa kontrol yang tepat dari dirinya sendiri maupun orang tua, hal tersebut bisa membuat mereka terjerumus pada kenakalan remaja yang tidak diharapkan. 

    Oleh karena itu, penting bagi pihak sekolah untuk memberi perhatian dan pengawasan pada peserta didiknya dengan baik. 


    Kepala SMK Negeri 1 Karanganyar Drs Eddy Nugroho MEng melalui Waka 2 Bidang Kesiswaan Yuni Anjrah MK SE MPd menjelaskan sosialisasi penyuluhan tersebut secara umum dilakukan sebagai salah satu upaya sekolah dalam membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat. Selebihnya, sebagai media pembelajaran dan pengetahuan bagi para siswa dalam menjaga kesehatan fisik dan psikis serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hidup sehat.


    “Ini adalah bukti bahwa sebagai sekolah yang memperhatikan kesehatan khususnya bagi remaja putri. Kami tidak hanya melakukan pembelajaran di kelas saja, melainkan juga berperan aktif memberikan pendidikan dan pelayanan kesehatan kepada mereka. Harapannya para siswa senantiasa menjaga kesehatan baik mental, fisik, jasmani dan rohaninya, agar lebih mudah dalam meraih cita-citanya,” jelasnya.


    Sementara itu, salah satu peserta Hesti Rahmawati (17) dari Kelas XI Ak 1 ketika dijumpai disela-sela kegiatan menyampaikan, kegiatan tersebut sangat menyenangkan dan sangat mengedukasi sekali bagi dirinya. “Saya dapat mengetahui tentang kesehatan sebelumnya dari Ikut PMR, yang dimana disitu ada  materi tentang kesehatan, Ini tambahan pengetahuan bagi saya,”' ujar Hesti.

    Menurutnya, banyak pengetahuan tentang kesehatan remaja yang diperolehnya lewat internet atau media sosial. Selama ini pengetahuan tersebut hanya dipelajari sambil lalu, namun dengan adanya sosialisasi deteksi dini kesehatan remaja tersebut di sekolahnya, membuat dirinya lebih peduli dengan kesehatan dirinya sendiri, terutama tentang kesehatan reproduksi remaja, karena ini terkait dengan masa depan. 

    “Penting banget pak sosialisasi kayak gini, saya jadi lebih berhati-hati dan peduli dengan kesehatan diri saya yang sudah remaja seusia 17 tahun ini,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top