• Berita Terkini

    Minggu, 05 Juni 2022

    Ribuan Pohon Ditanam di Hari Lingkungan Hidup


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Tanggal 5 Juni ditetapkan sebagai  Hari Lingkungan Sedunia. Peringatan pun dilakukan di seluruh penjuru dan daerah. Termasuk di Kebumen, yang kali ini dipusatkan di di Desa Sidoharjo, Puring.


    Pada kesempatan itu Bupati yang didampingi istrinya Iin Windarti Sugiyanto bersama jajaran Forkompinda melepas 4.000 ikan nila di sebuah rawa di Desa Sidoharjo untuk dikembangbiakan.


    Kemudian Bupati bersama jajaran juga melakukan aksi tanam pohon untuk wilayah koservasi di Pantai Kembar Terpadu, Tambakmulyo, Puring. Setidaknya ada 100 pohon cemara yang ditanam, kemudian 100 pohon ketapang laut, dan 100 pohon kelapa Genjah Entog.


    "Lingkungan ini menjadi hal yang sangat penting untuk kita jaga. Karena ini menyangkut kehidupan semesta, bukan hanya manusia, tapi juga hewan dan tumbuhan yang ada di dalamnya. Merawat lingkungan, itu artinya kita merawat kehidupan," ujar Bupati.

    Selain menanam pohon konservasi pihaknya mengatakan, pemerintah kabupaten juga melakukan penanaman  massal sebanyak 2.400 pohon, terdiri dari pohon kelengkeng, jambu, mangga, rambutan dan durian.

    Pohon-pohon tersebut kata Bupati, disebar ke berbagai desa, yakni Desa Giritirto, Gunungsari, Kecamatan Karanggayam, Desa Rowokele, Kecamatan Rowokele, Desa Wonodadi, Kecamatan Buayan, Desa Sidoharjo, dan Tambakmulyo, Puring. "Dengan menanam pohon kita ingin menunjukan bahwa kita menyayangi generasi akan datang. Hijau duniaku,hijau duniamu, hijau dunia akan datang," ucap Bupati.


    Pada kesempatan yang sama, juga diadakan pelepasan 100 ekor tukik di Pantai Kembar Terpadu yang masuk dalam wilayah konservasi penangkaran penyu. Kemudian ada penyerahan bantuan untuk pihak pengelola dari Yayasan Benih Baik, dan Tokopedia oleh Bupati Kebumen.


    "Alhamdulillah Kebumen itu punya dua konservasi penangkaran penyu, satu di Kaliratu Desa Jogosimo Kecamatan Klirong, dan satunya lagi di Pantai Kembar Terpadu Desa Tambakmulyo Kecamatan Puring. Ini menjadi potensi dari kekayaan alam di Kebumen untuk terus dilestarikan agar bisa diwariskan ke generasi anak cucu kita yang akan datang."  Tak lupa, di peringatan Hari Lingkungan Hidup Se dunia ini, pemerintah juga mencanangkan gerakan bersih-bersih pantai, dan senam sehat massal di pantai. 

    Sementara itu,  Kapolres Kebumen AKBP Burhaanuddin mengaku sangat mendukung program Pemkab Kebumen. Termasuk dari aspek lingkungan. "Kami Polres Kebumen siap mendukung program Pemerintah Kabupaten Kebumen," ungkap Kapolres Kebumen. (fur/win) 



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top