• Berita Terkini

    Kamis, 09 Juni 2022

    KPU Kebumen mulai Tahapan Pemilu 2024


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-KPU Kabupaten Kebumen tengah bersiap menjalankan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024. Meskipun peraturan KPU tentang Tahapan, Program dan jadwal pemilu tahun 2024 belum resmi ditetapkan, namun persiapan-persiapan menyambut penyelenggaraannya tetap dilakukan.


    Hal ini antara lain mengikuti rakor-rakor yang diselenggarakan oleh KPU RI maupun KPU Propinsi. Ini baik melalui daring maupun luring terbatas yang berisi tentang peningkatan kapasitas dan kapabilitas. Terutama menyangkut kemampuan mengantisipasi dan menyelesaikan tantangan dan persoalan yang bisa saja muncul dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024.


    Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi masyarakat dan SDM (SOSDIKLIH PARMAS & SDM) KPU Kabupaten Kebumen Agus Hasan Hidayat SSi MT menyampaikan sesuai Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 pasal 167 ayat 6 bahwa penyelenggaraan pemilu dimulai paling lambat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara. 

    “Jika dihitung mundur, maka paling lambat tahapan pemilu dimulai pada tanggal 14 Juni 2022. Ini  mengingat tanggal pemungutan suara telah ditetapkan yaitu tanggal 14 pebruari 2024 melalui Surat Keputusan KPU RI Nomor 21 tahun 2022,” tuturnya, Kamis (9/6/2022).


    Persiapan-persiapan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Kebumen, lanjutnya, tidak hanya persiapan pada level komisioner KPU Kabupaten. Tetapi juga pada seluruh staf kesekretariatan yang berfungsi memberikan dukungan dan pelayanan teknis penyelenggaraan pemilu di lingkungan KPU Kabupaten Kebumen. 

    “Hal ini dilaksanakan oleh KPU RI melalui KPU Propinsi dengan memberikan bimbingan teknis dan penguatan kapasitas SDM sekretariat tentang pengetahuan dan wawasan penyelenggaraan kepemiluan secara lebih mendalam dan komprehensif,” katanya.


    Dijelaskanya, persiapan keluar kelembagaan juga dilakukan. Ini dengan melakukan pendidikan pemilih kepada masyarakat melalui program-program berbasis media sosial KPU Kabupaten Kebumen berupa acara talkshow “KPU Kebumen menyapa”. 


    KPU Kebumen roadshow di lapangan, juga pembuatan iklan layanan sosial tentang pemilih cerdas. Disamping itu juga dilakukan kursus kepemiluan bagi pihak-pihak yang berkeinginan mengetahui lebih jauh tentang kepemiluan khususnya penyelenggaraan dan penyelenggaranya.


    “Secara umum kesiapan KPU Kabupaten Kebumen dalam menyambut penyelenggaraan pemilu dan pemilihan di Kabupaten Kebumen berada pada level maksimum. Berarti secara personal maupun kelembagaan berada pada kondisi prima dan siap menjalankan hajatan demokrasi tertinggi di Indonesia,” ungkapnya. 

    Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah terpenuhinya azas dan prinsip penyelenggraan pemilu yang baik dan benar. Selain itu kesiapan memenuhi jadwal tahapan, pelaksanaan program dan pemenuhan seluruh kebutuhan dalam pelaksanaan tahapan tersebut. 


    Disamping itu KPU Kabupaten Kebumen mendorong partisipasi aktif masyarakat Kebumen untuk menyukseskan pemilu serentak tahun 2024. Termasuk keterlibatan masyarakat sebagai penyelenggara pemilu di tingkat PPK, PPS maupun KPPS. 

    “Partisipasi masyarakat yang aktif namun bertanggungjawab serta membangun demokrasi yang bijak dan santun merupakan elemen penting dalam mewujudkan demokrasi yang ideal demi tercapainya pembangunan Indonesia khususnya di Kabupaten Kebumen,”  ucapnya. (mam)          


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top