• Berita Terkini

    Selasa, 14 Juni 2022

    Bupati Minta Ada Alokasi Tiket Gratis Masuk KIE


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menghimbau warga agar berbondong-bondong menyerbu even  Kebumen International Expo (KIE). Tak hanya menghimbau, Bupati memastikan harga  tiket masuk sangat murah. Yakni Rp 25 ribu untuk sekali masuk satu orang.


    Sudah begitu, Bupati tengah berupaya  agar event KIE tidak sepenuhnya berbayar alias ada yang gratis untuk masyarakat. 


    "Kita sudah meminta EO agar KIE ini tidak sepenuhnya bayar karena ini merupakan pesta rakyat. Alhamdulillah ada yang digratiskan untuk masyarakat, yakni dari pagi pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB," terang Bupati  saat ditemui di SMA N 1 Kebumen, Selasa (14/6/2022)


    Menurut Bupati, harga tiket Rp 25 ribu masih terjangkau untuk masyarakat. Sebab, acara KIE banyak diisi kegiatan menarik berupa pameran, festival, pertunjukan budaya, karya seni, termasuk konser musik yang diisi artis-artis papan atas pada malam harinya. "Saya kira untuk harga tiket masih terjangkau, karena KIE ini banyak kegiatannya, diisi oleh artis-artis Ibu Kota," terang Bupati.

    Untuk pembelian tiket kata Bupati, bisa dipesan secara online melalui website resmi KIE https://internationalexpo.kebumenkab.go.id/ . Pihaknya membatasi jumlah pengunjung sebanyak 20 ribu orang.  "Untuk pengunjung kita batasi 20 ribu pengunjung, kalau sudah melebihi batas itu, pembelian tiket sudah tidak diterima," ucap Bupati.

    Menurutnya, KIE ada yang berbayar dan gratis karena event ini dibuat melibatkan seluruh elemen masyarakat. Untuk itu, Bupati berharap masyarakat ikut serta mendukung kegiatan ini agar berjalan dengan lancar. "Perlu disampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud partisipasi dari semua elemen masyarakat. Pesta rakyat, dari masyarakat untuk masyarakat, jadi saya berharap KIE ini bisa berjalan dengan lancar melalui dukungan semua pihak," tandasnya. 


    Sebelumnya, Bupati telah meminta TNI dan Polri untuk siap siaga melakukan pengamanan selama KIE berlangsung. Untuk keperluan itu, bakal disiapkan dua kompi, satu kompi dari TNI dan satu kompi dari Polri. Kemudian pengamanan juga dibantu oleh Satpol PP. 

    "Untuk pengamanan sudah kita siapkan satu kompi dari TNI dan  satu kompi dari Polri, dibantu Satpol PP," ujar Bupati usai memimpin acara Apel gelar pasukan Operasi Candi 2022 di Mapolres Kebumen, Senin (13/6)

    Pengamanan yang dilakukan personel meliputi pengamanan artis, pengamanan pengunjung, dan tamu undangan dari kalangan pejabat setingkat. "Ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan," terang Bupati.

    Bupati menyatakan, pengamanan murni diserahkan kepada TNI dan Polri. Setelah sebelumnya ada wacana BANSER NU dan KOKAM Muhamamdiyah bakal ikut dilibatkan dalam pengamanan. Namun, pihaknya memastikan hal itu tidak jadi dilakukan.

    "Untuk pengamanan kita serahkan kepada TNI dan Polri, kalau untuk BANSER dan KOKAM nanti bisa kita libatkan bersama EO untuk mengurus tiketing, atau yang lain," jelas Bupati.

    Sementara itu, dilokasi yang sama, Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin menyatakan, pihaknya siap mendukung dan mengamankan pelaksanaan KIE yang berlangsung di alun-alun Kebumen pada 25 Juni sampai 2 Juli 2022."Pada dasarkan kita dari TNI/Polri siap untuk mendukung dan mensukseskan Kebumen International Expo, pengamaman menjadi hal yang sangat penting, agar acara ini lancar, aman dan nyaman, tidak ada halangan apa pun," ujar Kapolres.

    Adapun mengenai jumlah personel, Kapolres mengatakan, pengamanan akan disiapkan sesuai kebutuhan, melihat situasi dan kondisi di lapangan. Jika animo masyarakat meningkat, maka pengamanan akan ditambah. 

    "Yang pasti pengamanan akan kita lakukan secara maksimal, jika memungkinkan untuk ditambah, ya akan kita tambah. Melihat kebutuhan, dan kondisi di lapangan, kita selalu siap siaga," tandasnya.

    Diketahui KIE menjadi kegiatan terbesar yang belum pernah ada di Kebumen. Event ini akan banyak sekali menampilkan pertunjukan atau festival karya seni dan kebudayaan, dari berbagai unsur masyarakat, termasuk dari UMKM dan lomba untuk sejumlah kategori.

    KIE sudah bisa dimulai sejak pagi hari pukul 08.00 WIB sampai malam hari dengan rangkaian kegiatan yang tak terputus. Puncaknya adalah konser musik yang akan diisi oleh artis-artis papan atas dari Ibu Kota pada malam hari pukul 20.00 WIB sampai dengan selesai.

    "Event ini kita selenggarakan tidak lain tujuannya adalah meningkatkan perekonomian masyarakat Kebumen, dan mengangkat segala potensi yang ada Kebumen di kancah nasional, bahkan internasional," jelas Bupati.

     Artis-artis papan atas yang dipastikan hadir untuk memeriahkan acara ini, yakni Kerispatih, D'masiv, Padi, Kotak, Gigi, Shalawatan Gus Azmi, Rhoma Irama, Iwan Fals, dan pelantun lagu Isabela, dari Malaysia Amy Search. (fur)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top