• Berita Terkini

    Rabu, 01 Juni 2022

    Angka Kemiskinan Kebumen Turun 0,7 Persen


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Pelahan tapi pasti, angka kemiskinan di Kabupaten Kebumen menurun. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Adhi Wiriana mengatakan, angka Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Kebumen mengalami penurunan tajam pada tahun 2021-2022, yakni sebesar 0,7 persen.


    Hal itu diungkapkan Adhi Wiriana saat menggelar audensi dengan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di Pendopo Kabumian, Senin (30/5/2022). "Berdasarkan hasil evaluasi kemiskinan ekstrem di Kebumen pada 2021 hingga 2022 ini terjadi penurunan tajam yakni sebesar 0,7 persen, ini menjadi terbesar di lima kabupaten yang masuk katagori kemiskinan ekstrem di Jateng," ujar Adhi

    Lima kabupaten yang digolongkan masuk dalam Kemiskinan Ekstrem di Jateng, yakni Banyumas, Brebes, Kebumen, Pemalang, dan Banjarnegara. Bersyukur dari hasil evaluasi BPS, Kebumen menjadi kabupaten yang mengalami angka penurunan paling besar.

    "Angka penurunannya Kebumen menjadi yang terbesar dari lima kabupaten yang masuk dalam kantong Kemiskinan ekstrem di Jateng. Sedangkan dari lima kabupaten itu, Pemalang malah mengalami kenaikan angka kemiskinannya," ujarnya.

    Jika upaya pengentasan kemiskinan yang dilakukan Pemerintah Daerah Kebumen sesuai on the track, Adhi yakin pada 2024 nanti, bukan hal yang tidak mungkin kemiskinan ekstrem di Kebumen bakal turun menjadi 0 persen. 

    "Yang disebut kemiskinan ekstrem adalah mereka keluarga yang penghasilannya sehari di bawah Rp15 ribu. Sedangkan katagori miskin mereka keluarga yang penghasilannya di bawah Rp25 ribu sehari. Jika upaya dari Pemkab ini terus konsisten on the track, saya yakin di 2024 kemiskinan ekstrem di Kebumen bisa 0 persen," terangnya.

    Sementara itu, Inspektur Utama BPS Pusat Ahmad Jaelani menambahkan, sebenarnya persoalan kemiskinan ini tolak ukurnya tidak bisa dibebankan pada pimpinan daerah saat ini. Karena kemiskinan itu sudah ada sejak lama, dan startnya di angka yang tidak bisa dirubah.

    "Pemda itu punya tahapan-tahapanya. Ketika Pimpinan Daerah itu startnya dari mana, itu tentu start tidak bisa dirubah, karena ia dalam posisi menerima estafet dari kepemimpinan sebelumnya. Karena itu, perlu melakukan lompatan-lompatan yang strategis," ujarnya.

    Menurutnya, kemiskinan bisa disebabkan karena struktural dan penyebab lain. Ia melihat upaya yang dilakukan oleh Pemkab Kebumen dalam mengentaskan kemiskinan cukup baik, dengan beberapa program unggulan, seperti jambanisasi, penyedian air bersih, pemberian listrik gratis, bantuan sosial BLT, dan PKH.

    "Dengan banyaknya kebutuhan dasar yang sudah terpenuhi, maka otomatis akan menekan angka pengeluaran mereka, dan masyarakat miskin ini bisa menggunakan hasil pendapatannya untuk kebutuhan lain. Saya kira ini program yang cukup bagus," terangnya.

    Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk mengentaskan angka kemiskinan esktrem di Kebumen, sehingga bisa turun sampai 0,7 persen. Ini menjadi capaian yang memuaskan.

     "Alhamdulillah, tentu saya bersyukur Kemiskinan Ekstrem di Kebumen sudah turun 0,7 persen. Ini menjadi modal dan penyemangat kami agar ke depan lebih giat lagi membuat terobosan dalam hal pemberdayaan masyarakat, sehingga taraf hidup mereka bisa semakin baik," terangnya.

    Selain upaya yang sudah dilakukan, Bupati menyebut, pihaknya bakal mengadakan Kebumen International Expo pada 25 Juni sampai 2 Juli 2022 di alun-alun Kebumen. Gelaran ini, dipercaya bisa mendongkrak perekonomian masyarakat Kebumen, karena melibatkan berbagai elemen masyarakat.

    "Kita sepenuhnya yakin Kebumen International Expo menjadi ikhtiar kami untuk bisa mendongkrak perekonomian masyarakat Kebumen, karena ini melibatkan masyarakat kecil, baik itu pelaku UMKM, seniman, budayawan, dan masyarakat lain," tandasnya. (fur)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top