• Berita Terkini

    Minggu, 22 Mei 2022

    Sempat Vakum Dua Tahun, Festival Logending Kembali Digelar


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Sempat vakum dua tahun gegara pandemi covid-19, Festival Logending kembali digelar. Kegiatan berlangsung dua hari yang dipusatkan di obyek wisata Pantai Pantai Logending Kecamatan Ayah tersebut dibuka, Sabtu (21/5/2022)

    Hadir sekaligus membuka kegiatan,  Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto. Tampak pula kemarin,  Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Ketua Tim Penggerak PKK Iin Windarti Sugiyanto, Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin, Dandim 0709 Kebumen Letkol Inf Eduard Hendri dan jajaran kepala dinas terkait. 


    Festival kemarin musik dan lomba dayung kano tingkat pelajar dan umum. Kegiatan yang terselenggara berkat kerja sama  Pemkab Kebumen dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap itupun berlangsung semarak.


    Bupati Arif mengatakan, objek wisata Logending ini atau yang lebih dikenal dengan Pantai Ayah, merupakan salah satu potensi yang ikonik di Kebumen. Gelaran festival, diharapkan akan semakin mengenalkan keberadaan Logending dengan segala potensinya ke masyarakat luas.


    "Pantai Ayah ini pernah menjadi ikonnya Kebumen. Namun, kemudian terjadi penurunannya cukup drastis sehingga perlu ada festival semacam ini untuk menggebrak keunggulan dan daya tarik wisatawan," ujarnya.



    Bupati Arif menegaskan, Pantai Ayah punya potensi wisata yang luar biasa.  Pantai di ujung Barat Kebumen ini, disebut Bupati, sangat layak dikembangkan sebagai gerbangnya pariwisata di Kabupaten Kebumen. 


    "Sekarang sudah bisa kita lihat ada lomba kano, kemudian ini ada perahu-perahu masyarakat bisa untuk menikmati. Kemudian di seberang adalah hutan mangrove yang lestari yang masyarakat jaga bertahun-tahun. Intinya apa? Melestarikan lingkungannya, dapatkan keuntungannya, keuntungan alam keuntungan oksigen juga keuntungan mendapatkan pendapatan secara ekonomi," katanya.

    Sementara itu, Danlanal Cilacap, Kolonel Sugeng Subagyo berterima kasih kepada Bupati dan Pemkab Kebumen yang telah bersinergi melaksanakan Festival Logending. Terlebih, gara-gara pandemi covid, festival Logending sempat ditiadakan dalam dua tahun terakhir.  "Kegiatan ini rutin setiap tahun, namun karena kemarin ada Pandemi Covid 19 sehingga sempat terhenti 2 tahun, dan ini juga sejalan dengan program angkatan laut, angkatan laut, dimanapun berada bekerja nyata untuk masyarakat institusi bangsa dan negara," jelasnya.


    Kepala Disparbud Kabupaten Kebumen, Muhammad Arifin mengatakan Festival Logending merupakan merupakan salah satu event yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan guna mendukung program Kebumen Semarak dan Kebumen Manglingi. Menurutnya event ini digelar dalam rangka mempromosikan pariwisata yang ada di kebumen guna meningkatkan pendapatan asli daerah.


    "Event ini digelar selama 2 hari dari 21 hingga 22 Mei 2022, berbagai rangkaian kegiatan yang kami tampilkan diantaranya festival musik pelajar dan umum lomba dayung untuk pelajar dan umum serta penanaman mangrove di pesisir Pantai Logending," ujarnya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top