• Berita Terkini

    Senin, 07 Februari 2022

    Ziarah Kubur Awali Peringatan HPN 2022


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Mengawali Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke 76 jatuh yang pada 9 Februari 2022 mendatang, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kebumen menggelar ziarah kubur ke makam leluhur Wartawan. Ziarah dilakukan bersama Dinas Kominfo Kebumen, Senin (7/2/2022).


    Dalam kegiatan tersebut, setidaknya terdapat  empat lokasi makam wartawan yang di ziarahi. Ini meliputi Makam Almarhun Fuad Hasyim (Wartawan Kebumen Ekpres ) di makam Sijago Kelurahan Selang. Makam Mohamad Sujangi di Desa Kutosari Kebumen. Makam Almarhum Goenawan Efendi Wartawan Suara Merdeka di TPU Desa Kedawung Pejagoan dan Makam R Roendhayat Wartawan Kedaulatan Rakyat di Purwogondo dan sekaligus mendoakan Ludiyo mantan wartawan majalah Fakta.


    Ketua HPN 2022 PWI Kebumen M Tohri mengatakan ziarah merupakan agenda rutin tahunan. Ini sekaligus sebagai bentuk penghormatan kepada wartawan terdahulu. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan tumbuh rasa saling menghormati dan kekompakan lebih terjaga.


    Lebih lanjut Tohri menjelaskan, selain ziarah peringatan HPN juga juga akan digelar Tasyakuran pada, Selasa 8 Februari 2022. Menariknya, tahun ini tasyakuran akan diisi dengan PWI Bersholawat bersama Majelis Sholawat Ahbabul Musthofa Kebumen. Selain itu dilaksanakan pula Santunan Anak yatim. Rencananya, kegiatan ini akan digelar di Pendopo Kebumian Kebumen.


    Tohri yang juga Wakil Ketua PWI Kebumen itu mengatakan tema HPN kali ini yaitu “Memenangkan Kesehatan, Kemanusiaan dan Perilaku Baru Berbasis Informasi dan Kebudayaan”. Untuk itu, sejumlah agenda kegiatan akan dibalut dengan kemasan religius dan edukatif.


    Sedangkan untuk memberikan edukasi jurnalistik kepada para generasi muda. PWI Kebumen juga akan mengadakan wartawan Goes to School ke sejumlah sekolah dan kampus. Ini dimaksud untuk mengajak pelajar bisa bermedia secara cerdas dan sehat.


    Tohri menambahkan, peringatan HPN juga akan digelar Bakti sosial dengan memberikan bantuan paket sembako kepada warga kurang mampu di lingkungan Wartawan. “Baksos dilalukan sebagai bentuk kepedulian sesama,” tuturnya.


    Selain itu, juga ada kegiatan fun futsal. Ini untuk menjaga kebugaran para pewarta itu sendiri. Rencananya, fun futsal akan melakukan pertandingan persahabatan dengan Humas Polres Kebumen dan juga Prokopim Kebumen. 


    Tak hanya itu, Kegiatan Sarasehan juga tak luput akan digelar. Sarasehan akan mengahdirkan pemateri dari Perguruan tinggi dan PWI Propinsi Jawa Tengah. Termasuk kegiatan Orientasi wartawan. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top