• Berita Terkini

    Senin, 10 Januari 2022

    Hari Amal Bakti, Hutan Kota Ditanami 5000 Pohon


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti Kementrian Agama ke 76, sejumlah rangkaian kegiatan pun telah digelar oleh Kantor Kemenag Kebumen. Kali ini di isi dengan penanaman pohon sebanyak 5.000 batang, Senin (10/1/2022).


    Penanaman Pohon dilakukan secara simbolis oleh Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH bersama Kepala Kemenag Kebumen H Panut, di Hutan Kota Jalan Sarbini Kebumen.  Turut Hadir Ketua PCNU Kebumen KH Dawamuddin Masdar, Ketua MUI Kebumen H Nurshodik serta sejumlah tokoh Lintas Agama se Kabupaten Kebumen. Kesempatan kali ini merupakan hari terakhir H Panut bekerja di Kebumen. Sebab pihaknya akan pindak ke Kemenag Magelang.


    Dalam kesempatan tersebut, H Panut mengatakan kegiatan ini sekaligus untuk mendukung program Bupati khususnya Nandur Wit Nggo Anak Putu. Tidak hanya 5.000, penanaman pohon nantinya ditargetkan hingga 10 ribu batang. Untuk itu pihaknya akan terus berinovasi agar rencana tersebut dapat terwujud.

    “Di momen ini, rencananya kita akan tanam 10 ribu batang pohon. Namun untuk sementara 5 ribu pohon dulu, sisanya menyusul. Ini tidak lain untuk mendukung program pk Bupati,” katanya.

    Adapun sejumlah program lain yang telah dilaksanakan meliputi mewajibkan pasangan pengantin menanam dua batang pohon .Dimana dalam waktu satu tahun tak kurang dari 12 ribu warga yang menikah. Dengan demikian sudah ada sekitar 24 ribu batang pohon yang ditanam.


    “Dari data Kemenag, sekitar 12 ribu pengantin setiap setahunya. Artinya sudah ada sekitar 24 ribu batang pohon yang ditanam. Ini bagus untuk keberlangsungan kelestarian alam,” imbuhnya. 


    Disisi lain Panut juga menjelaskan bahwa penanaman pohon ini juga merupakan moderasi beragama untuk menguatkan persatuan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Kebumen. Dengan begitu diharapkan Kebumen ke depan bisa lebih Sejahtera, Mandiri, Berakhlak bersama rakyat.


    Sementara itu, Bupati Kebumen H Arif menyampaikan pihaknya menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, ini bentuk sinergitas yang baik dengan Pemkab. Terlebih dari program program yang dijalankan sudah tertanam sekitar 24 ribu batang. Ini patut di apresiasi.


    “Atas nama Pemerintah Kebumen kami menyambut baik. Kegiatan ini merupakan wujud nyata singeritas antara Kemenag dengan Pemkab terjalin dengan baik. Saya apresiasi, semoga ke depan bisa lebih ditingkatkan,”  katanya.


    Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya generasi muda, agar mencintai alam. Dengan begitu diharapkan Kebumen terhindari dari bencana alam maupun kekeringan air. Bupati juga menyampaikan pemerintah akan terus mengiatkan program Nandur Wit Nggo Anak Putu. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top