• Berita Terkini

    Kamis, 14 Oktober 2021

    Siswa SMPN 1 Poncowarno Ajak Warga Rutin Cek Kesehatan


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Siswa Asisten Pembina PMR Madya SMP Negeri 1 Poncowarno Kecamatan Poncowarno yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR) melakukan aksi Gemar Screning Kesehatan oleh Puskesmas di Sekolah. Merekapun antusias mengikuti kegiatan tersebut.


    Kegiatan yang dilaksanakan baru-baru ini pun dilakukan dengan penuh semangat. Seluruh siswa melakukan cek kesehatan. Ini dimulai dari pendaftaran, cek suhu badan, cek berat badan dan cek tinggi badan. Selain itu juga cek lingkar perut, ceking kesehatan mata, ceking kesehatan telinga, ceking tensi dan anemia dan ceking kesehatan gigi serta ceking golongan darah.


    Pembina PMR Madya SMP Negeri 1 Poncowarno Nazi Hafid SPdI mengatakan kegiatan tersebut diikuti oleh 587 peserta didik. Ini dengan 14 petugas kesehatan dari Puskesmas Poncowarno. “Kegiatan juga didampingi Sumiyati SPd dan Pak Heru Sujatmiko SPd yang tergabung dalam PMR Madya Adiwiyata,” tutur Nazi yang juga merupakan selaku Ketua Program UKS.


    Aksi gemar cek kesehatan ini, lanjut Nazi, dilakukan di Sekolah. Ini dalam rangka menjaring peserta didik. Barang kali ada yang mempunyai kesehatan kurang baik perlu dirujuk ke Puskesmas Poncowarno. Selain itu juga untuk membiasakan sejak dini agar mengetahui data yang valid tentang kesehatan masing- masing individu. “Juga untuk dokumentasi UKS SMP Negeri 1 Poncowarno agar peserta didik senantiasa hidup sehat,” ungkapnya.


    Tak kalah penting turut mengkampanyekan seorang asisten pembina anggota PMR Madya untuk tetap menjaga kesehatan pribadi serta keluarga. Ini seperti pola hidup sehat yang dilaksanakan di rumah masing-masing. “Dengan alat seperti timbangan berat badan, alat ukur tinggi badan, tensimeter dan lainnya,” paparnya.

    Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Poncowarno Dra Hendriyati Trikorwati MPd menyampaikan kegiatan semacam ini diharapkan membawa dampak positif bagi peserta PMR Madya, keluarganya dan juga lingkungannya.


    “Ini salah satu kegiatan yang baik dalam rangka mengkampanyekan gemar ceking kesehatan sejak dini untuk meminimalisir peserta didik kita yang sakit agar cepat tertangani, semoga ke depan dapat menjadi penyemangat untuk kegiatan PMR di Sekolah,” jelasnya didampingi Petugas Puskesmas Poncowarno Sri Widianingsih AMd. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top