• Berita Terkini

    Senin, 20 September 2021

    Bentuk Team Asesor, PCNU Kebumen Bakal Akreditasi MWC


    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kebumen akan segera mengakreditasi Majelis Wakil Cabang (MWC NU) di 26 kecamatan. Adapun asesor (tim penilai) berasal dari  akademisi dan Pengurus NU.


    Tim asesor ini telah dibentuk dan diambil sumpahnya oleh Ketua PCNU Kebumen KH Moh Dawamuddin Masdar,  di Rumah Makan Sop Arie 2 Jalan Lingkar Selatan Kebumen, Senin (20/9/2021). Tim Asesor sendiri berjumlah 21 orang dan diketuai oleh Dr Imam Satibi. Mereka tergabung dalam Tahsinul Jam'iyyah.


    Kyai Dawam, sapaan akrab Dawammuddin Masdar, menyampaikan akreditasi yang berlangsung selama tiga hari. Penilaian bertujuan untuk perbaikan organisasi. Ini  mulai dari tingkat cabang hingga ranting. Hal tersebut agar, MWC di tingkat kecamatan juga lebih bisa terorganisir dan rapih dalam administrasi. 


    Tentunya aspek yang menjadi penilaian adalah administratif. Ini guna menunjang kegiatan di tingkat MWC. Sejatinya dengan adanya penilaian tersebut diharapkan MWC memiliki output yang bagus dan menghasilkan produk-produk yang bermanfaat.  


    "Taruhlah misalnya beberapa cabang di Jawa Tengah ini untuk ukuran organisasi diantaranya adalah suksesnya koin NU. Di Kebumen ini beberapa ranting desa dan kecamatan sudah jalan dan tinggal dioptimalkan,” tuturnya. 


    Disampaikannya,  team asesor akan terjun langsung ke lapangan untuk memberikan penilaian terhadap 26 MWC. Diantaranya yang menjadi penilaian adalah ketertiban Organisasi dan juga kelengkapan Struktural Organisasi serta kepengurusan UPZISNU hingga tingkat ranting. 


    Untuk itu, bagi Kepengurusan MWC yang dinyatakan unggul oleh team asesor, akan diberikan hadiah berupa sepeda motor.  Dengan adanya akreditasi ini, NU Kebumen diharapkan menjadi semakin kuat dan solid.  "Asesor akan turun ke lapangan, katanya. 


    Sementara itu, Ketua Team Asessor Dr Imam Satibi menyampaikan team dari akademisi dan juga Pengurus NU sudah menyusun standarisasi. Ini terkait dengan syarat mutlak dalam organisasi. Termasuk juga penunjang organisasi dan kinerja MWC, apakah sudah tertata dengan benar dan distribusi kader. 


    Team Asesor sendiri sesuai amanat PCNU Kebumen, telah diambil sumpah untuk memberikan penilaian secara obyektif dan independen. Penilaian akan dilaksanakan mulai 22 hingga 26 September 2021. Adapun hasilnya akan disidangkan di majelis secara terbuka.  

    Program akreditasi ini diinisiasi oleh PCNU Kebumen dan merupakan yang pertama di Indonesia. Diharapkan dengan adanya akreditasi ini bisa memberikan motivasi bagi MWC untuk melakukan penataan organisasi. “Mudah-mudahan ini menjadi pilot projek,” ucapnya yang juga Rektor dari UMNU Kebumen  itu. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top