• Berita Terkini

    Jumat, 27 Agustus 2021

    Aklamasi, R Suman Sri Husodo Kembali Pimpin Pepadi Kebumen


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Raden Suman Sri Husodo kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Kebumen. Pihaknya kembali memimpin Pepadi Kebumen periode 2021-2025.


    Pemilihan dilaksanakan pada Musyawarah Daerah (Musda) Pepadi Kebumen yang dilaksanakan di Padepokan Sehat Medika II Kelurahan Jatiluhur Karanganyar, Kamis (27/8/2021) malam. Musda dibuka oleh Kepala Bidang Paud Dikmas dan Kebudayaan Seha Rahayu MM, mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kebumen H Moh Amirudin.

    Musda juga dihadiri oleh  perwakilan Disdik, Diskominfo, Permadani dan Pengurus serta Anggota Pepadi Kebumen. 


    Ketua Panitia Pelasana Ki Wido Seno Aji menyampaikan Musda dilaksanakan karena masa Kepengurusan Pepadi Kebumen periode 2016-2021 telah berakhir.  Selain itu juga untuk keberlanjutan organisasi Pepadi di Kebumen. Musda juga bagian dari amanat  aturan organisasi. “Masa Kepengurusan Pepadi Kebumen periode 2016-2021 telah berakhir,” tuturnya.


    Dalam Musda Pepadi juga dilaksanakan laporan pertanggungjawaban Kepengurusan Pepadi Kebumen periode 2016-2021. Laporan dibacakan oleh Ki Setyo Budi. Hasilnya, Laporan Pertanggungjawaban Pengurus  Pepadi Kebumen Periode 2016-2021 diterima.


    Adapun berapa hal yang telah dilaksanakan oleh Kepengurusan Pepadi Kebumen periode 2016-2021 diantaranya mengikuti lomba dalang bocah dan remaja. Dalam kesempatan kesempatan tersebut dalang remaja Kebumen meraih Juara 1 tingkat Kedu dan Jawa Tengah.


      Ketua Pepadi Kebumen R Suman Sri Husodo mengajak para dalang dan pelaku seni di Kebumen untuk dapat bersama-sama melestarikan dan mengembangkan kesenian. Ini baik kesenian dalang pada khusunya maupun seni  budaya lainnya pada umumnya. “Marilah bersama-sama mengembangkan kesenian,” katanya.


    Sementara itu, Kepala Bidang Paud Dikmas dan Kebudayaan Seha Rahayu menyampaikan agar Pepadi dapat lebih nguri-nguri budaya wayang. Ini baik wayang kulit maupun wayang kulit maupun wayang lainnya yang ada di Kebumen.


    Usai Musda dilaksanakan pegelaran wayang kulit secara spontan oleh Dalang Ki Langgeng Hidayat dan para anggota pepadi lainnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top