• Berita Terkini

    Jumat, 28 Mei 2021

    Cek Data Bansos, Cukup Lewat “SOBATKU”


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Bagi masyarakat khususnya Kebumen yang hendak mengecek data penerima bantuan sosial, cukup dengan aplikasi "SOBATKU". SOBATKU merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi Bantuan Sosial Terpadu. Aplikasi tersebut diluncurkan oleh Dinas Sosial dan PPKB Kebumen, itu telah resmi dilaunching oleh Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih.


    Launching dilakukan di Ruang Jatijajar Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Kamis (27/5/2021). Hadir Kepala Dinsos Kebumen Eko Widianto, Kepala Dispermades Frans Haidar, Kepala Disdukcapil Makhemi, Kepala Diskominfo serta tamu undangan lainya.


    Dalam kesempatan tersebut, Eko Widianto menjelaskan SOBATKU merupakan aplikasi berbasis website hasil inovasi aksi perubahan dari Dinas Sosial dan PPKB Kebumen. Ini dilakukan guna memfasilitasi masyarakat dalam pencarian data kepesertaan bantuan sosial (Bansos). sebagai bentuk transparansi data yang dapat diakses oleh siapa saja serta upaya perwujudan satu basis data bansos. 


    SOBATKU merupakan pengembangan dari posko pengaduan JPS, yang tidak bisa dilepaskan dari realita tentang banyaknya permasalahan dalam penyaluran bansos. Aksi perubahan ini diharapkan akan menjadi solusi, sehingga kinerja Dinsos PPKB dalam penanganan kemiskinan dan pengelolaan bantuan sosial dapat lebih  optimal. 


    Adapun tujuanya yakni terintegrasinya  Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dengan data penerima bantuan sosial dari pusat (PKH, SEMBAKO, BST), dari Provinsi Jawa Tengah (KJS) dan Kabupaten (BLT DD) ke dalam aplikasi SOBATKU.


    Adanya aplikasi tersebut juga dapat memudahkan dalam pengelolaan database  penerima bansos. Selain itu validitas data juga meningkat sehingga meminimalisir permasalahan-permasalahan dalam penyaluran bansos. Seperti tidak tepat sasaran,dobel bansos, tidak valid dan tidak layak.  


    Masyarakat dapat mengakses SOBATKU, melalui situs www.sobatkukebumen.com. Ini untuk mencari tahu apakah dirinya terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak. Bahkan, masyarakat juga bisa menyampaikan pengaduan atau keluhan terkait bansos.


    Sementara itu, Wakil Bupati Ristawati menyambut baik dan sangat mendukung. Menurutnya, SOBATKU itu relevan dan mendukung pencapaian misi pertama Bupati dan Wakil Bupati Kebumen. Selain itu juga untukpPeningkatan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pelayanan birokrasi yang  responsif serta penerapan e-govermen dan opengovermen yang  terintegrasi. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top