• Berita Terkini

    Minggu, 11 April 2021

    Desa Logede Wakili Kebumen Lomba Gotong Royong Tingkat Jateng


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Pemkab Kebumen mengikuti Lomba Video Gotong Royong Masyarakat Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Tahun ini Kabupaten Kebumen diwakili oleh Desa Logede Kecamatan Pejagoan.

    Pengambilan gambar untuk keperluan lomba itu digelar di Desa Logede Kecamatan Pejagoan, Minggu (11/4/2021). Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih hadir pada kesempatan itu.  Tampak juga, Kadispermades P3A Drs Frans Haidar, Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Kebumen Iin Windati Arif Sugiyanto, Forkopimcam Pejagoan serta Kades Logede.


    Desa Logede dipilih, karena dinilai berhasil dalam bidang ketahanan pangan, dimana ada 18 kebun pangan di 18 RT yang semua dibangun dengan swadaya masyarakat di wilayah tersebut.


    Tidak hanya itu, Pemerintah Desa setempat juga melakukan sejumlah inovasi antara lain, kesepakatan seluruh kebun pangan untuk menanam dengan perbandingan 70% sayuran utama dan 30% sayuran pelengkap. Ini dilakukan agar hasil dari kebun dapat diperjualbelikan dan menghasilkan bagi pengelola dan lingkungan.


    Serta sejumlah program lain yang didukung oleh Dispermades Kebumen. 

    "Nampaknya menjadi layak saat proses pemberdayaan di Desa Logede menjadi contoh kegotongroyongan yang dapat disampaikan ke seluruh lapisan, Budaya gotong royong inilah yang mesti kita jaga dan terua ditingkatkan," kata Bupati Arif di sela pengambilan gambar.


    Tak hanya itu, Arif juga mengapresiasi masyarakat dalam mengembangkan lahan sempit menjadi perkebunan sayur yang bisa meningkatkan perekonomian. "Ini sangat bagus, lahan sempit bisa dimanfaatkan," ujar dia.


    Penilaian lomba oleh tim penilai dari beberapa OPD provinsi dan content creator. Selain itu terdapat juara favorit yang dilihat dari like dan viewer terbanyak melalui YouTube.(fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top