• Berita Terkini

    Senin, 22 Maret 2021

    Lima Karangtaruna Buluspesantren Dapat Hadiah Gerobak Angkring


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemerintah Kecamatan Buluspesantren menyerahkan hadiah kepada lima organisasi karangtaruna desa di wilayah tersebut. Hadiah berupa gerobak angkrongan lengkap dengan peralatan dagang itu diserahkan Kamis (18/3/2021).


    Hadiah diserahkan secara simbolis oleh Camat Buluspesantren Budhi Suwanto. Hadir saat itu, Kasi Kesos Kecamatan Buluspesantren, Ketua Karang Taruna beserta perwakilan satu anggota se Kecamatan Buluspesantren, Wakil Ketua Karang Taruna Kabupaten Kebumen, Dinsos PPKB Kabupaten Kebumen dan Perwakilan CSR Gudang Garam PATRA.

    Camat Buluspesantren, Budhi Suwanto mengatakan lima organisasi karangtaruna desa yang menerima gerobak angkrongan lengkap dengan peralatan dagang merupakan pemenang lomba inovasi pengembangan potensi desa.


    Lomba ini diikuti sebanyak 21 desa se Kecamatan Buluspesantren. Lomba inovasi dan pengembangan kreatifitas potensi desa itu bekerja sama dengan CSR Gudang Garam Patra. Pemenang diambil 5 pemenang dari 11 karangtaruna yang lolos penjaringan. 

    Adapun kelima karangtaruna desa terbaik, masing-masing Karangtaruna Desa Banjurpasar mengembangkan budidaya rumput gajah, Desa Sidomoro menggelar turnamen voli tingkat desa, Desa Buluspesantren mengembangkan budidaya jangkrik. Desa Banjurmukadan mengembangkan budidaya cacing sutra dan ikan cupang, dan Desa Jogopaten menggelar turnamen bola voli dan pengembangan budidaya hidroponik.


    "Pemenang merupakan karangtaruna desa yang telah lolos dalam seleksi awal dari segi perencanaan, administrasi hingga pengajuan proposal, tiap karangtaruna mengambangkan inovasi berbeda-beda sesuai potensi desa masing-masing," kata Budhi kepada Ekspres kemarin.


    Adapun hadiah yang diberikan berupa 1 set Grobak Angkringan langkap dengan kompor anglo, ceret, gelas,sendok, tempat sampah, tikar, 7 gulung, dan voucher belanja senilai Rp 3 juta.


    Budhi mengungkapkan kegiatan lomba karangtaruna itu sebagai wujid mendukung program bupati kebumen untuk menggerakan kreatufitas pemuda desa serta menggerakan perekonomian dari desa.

    "Ini sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan program bupati kebumen dengan membangkitkan perekonomian dari desa, kami berinisiatif dengan bergeraknya karangtaruna dan pemuda desa bisa mendongkrak potensi desa untuk Kabupaten Kebumen agar bisa meningkat dari terkaya no 35 se Jawa Tengah," ujar pria yang juga mantan Kabag Humas Pemkab Kebumen.

    Camat berharap pemenang lomba untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan inovasinya serta dengan hadiah hang didapat bisa membuka lapangan kerja dan pertumbuhan perekonomian masyarakat melalui karangtaruna, dan kepada yang belum mendapat agar bisa memulai mengejar merintis agar kedepan bisa tumbuh kembang dan menjadi desa yang produktif," ujar Budhi.

    Tak hanya itu, pada kesempatan itu dilaksanakan reorganisasi kepengurusan karang taruna tingkat Kecamatan Buluspesantren Perode 2021-2026. Reorganisasi dipimpin oleh wakil ketua karangtaruna Kabupaten Kebumen. (Fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top