• Berita Terkini

    Kamis, 07 Januari 2021

    Pedagang Diimbau Tutupi Dagangan Bila Dilakukan Penyemprotan Disinfektan


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Adanya Pandemi Corona membuat pemerintah melakukan langkah-langkah taktis untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19. Ini salah satunya dengan melakukan penyemprotan. Hal tersebut diharapkan dapat membunuh virus corona.


    Penyemprotan disinfektan memang merupakan salah satu upaya yang dilakukan. Meski bertujuan baik, namun penggunaan disinfektan harus hati-hati sebab dapat pula menimbulkan risiko. Disinfektan sendiiri merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri dan virus.


    Menanggapi hal tersebut, Kepala Distapang Kebumen  Ir H Tri Haryono menyampaikan ada beberapa hal yang harus diperhatikan pedagang. Sebab di pasar beragam barang termasuk bahan pangan diperjual belikan.


    Ini meliputi sebelum dilakukan penyemprotan para pedagang harus sudah diberitahukan terlebih dahulu. Dengan demikian para pedagang dapat  semaksimal mungkin untuk menutupi dagangannya. Terutama dagangan bahan pangan seperti sayuran dan lainnya. 


    “Dengan demikian sayuran dan bahan pangan lainnya tidak langsung terkena disinfektan,” tuturnya, beberapa waktu lalu.


    Bila upaya demikian tidak mencukupi, lanjutnya, artinya dagangan tetap terkena disinfektan, maka bagian yang kontak langsung adalah permukaanya saja. Bagian bawah permukaan tentunya tidak terkena disinfektan secara langsung. 


    Selain itu selalu pula dilaksanakan sosialisasi kepada para konsumen untuk senantiasa mencuci sayuran atau bahan pangan lainnya terlebih dahulu sebelum diolah.  Hal tersebut untuk meminimalisir bila  ada kotoran atau bahan  berbahaya. Dengan mencuci kotoran dan bahan berbahaya hilang terbawa air cucian. Sehingga bahan pangan yang akan diolah sudah bersih  dan aman.


    Dalam kesempatan tersebut Ir H Tri Haryono juga kembali mengingatkan pentingnya mengkonsumsi makanan yang Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). Dengan B2SA diharapkan tubuh akan senantiasa sehat. Selain itu imunitas tubuh juga akan baik. Hal tersebut penting agar tubuh mampu melawan virus corona.


    Tidak kalah penting lagi yakni merapkan pola hidup sehat. Selain itu juga menerap 3M yakni mencuci tangan, menjaga jarak dan mengenakan masker. “Mudah-mudahan pedemi cepat berakhir dan masyarakat dapat kembali melakukan aktivitasnya dengan baik,” ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top