• Berita Terkini

    Jumat, 11 Desember 2020

    Nakes Prioritas Utama Vaksin Covid-19




    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Kabar gembira datang terkait adanya penyebaran Virus Corona (Covid-19). Setidaknya kini telah ditemukan vaksin dari virus tersebut. Vaksin sendiri merupakan zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit.


    `Dengan demikian seseorang yang telah divaksin Corona diharapkan mempunyai kekebalan terhadap virus tersebut. Seperti diketahui bersama Virus Corona merupakan jenis virus yang mematikan dan cepat sekali menular.


    Jumlah vaksin yang diproduksi tentunya belum mampu untuk mencukupi semua masyarakat. Untuk itu Tenaga Kesehatan (Nakes) mendapat prioritas pertama dalam vaksinasi corona. Setelah itu priorotas kedua yakni mereka-mereka yang bekerja di pusat pelayanan.


    Sekretaris Dinas Kesehatan Kusbiyantoro menyampaikan vaksin yang datang ke Indonesia masih dalam bentuk serum bahan. Ini masih diolah oleh Induk Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Bio Farma (Persero). “Saat ini kami tengah melakukan pendataan,” tuturnya.


    Disampaikan pula Nakes merupakan orang yang bergerak dibidang kesehatan. Mereka mempunyai resiko tinggi terpapar Virus Corona. Ini lantaran para tenaga kesehatan berkontak dengan para pasien corona. Untuk itu para tenaga kesehatan mendapat prioritas utama mendapatkan Vaksin Corona. “Prioritas utama nakes, setelah itu PNS yang bekerja di pelayanan publik. Kemudian TNI, Polri dan juga kelompok yang rawan terpapar Virus Corona,” tuturnya, Jumat (11/12).


    Disampaikan pula, vaksin dikhususkan untuk usia 18 hingga 50 tahun. Peserta BPJS Kesehatan juga diprioritas untuk Vaksin Corona.  Pada saatnya nanti terkait dengan vaksin tersebut juga akan disosialisasikan ke masyarakat. “Vaksin telah dijamin keamanannya,” jelasnya.


    Dalam kesempatan tersebut Kusbiyantoro juga tidak bosan-bosannya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mengabaikan standar protokol kesehatan. Ini dengan menerapkan 3M yakni mencuci tangan, menjaga jarak dan mengenakan maskar. Selain itu selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat.

    Mengkonsumsi makanan bergizi dan berolah raga. Jika imun tubuh kuat, maka tidak mudah terserang penyakit. Seperti diketahui bersama Virus Corona sangat berbahaya  dan cepat menular. “Selalu jaga kesehatan dan patuhi aturan pemerintah. Semua dilaksanakan demi menjaga keselamatan dari penularan Virus Corona. Tetaplah produktif dan selalu jaga kesehatan dan keselamatan,” ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top