• Berita Terkini

    Rabu, 14 Oktober 2020

    Bantu Warga di Tengah Pandemi, PAYD Muhammadiyah Luncurkan Toko Serba Gratis


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Apa yang dilakukan Panti Asuhan Yatim Duafa (PAYD) Muhammadiyah dalam rangka ikut serta menanggulangi covid-19 patut diapresiasi. Dalam rangka membantu warga yang terdampak covid, PAYD yang berada di bawah naungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kebumen tersebut membuka toko Shodaqoh gratis.


    Toko Shodaqoh gratis PAYD Muhammadiyah 2 HM Syukur  yang baru diluncurkan Senin (12/10) itu, berlokasi di Jl Kaswari no 17 Kebumen. Hadir dalam peluncuran kemarin, Ketua PCM Kebumen dr HM Chanifudin MHKes, Ketua RW 1 Kelurahan/Kecamatan Kebumen Sodikin, serta pengurus Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah.


    Ketua PAYD  Muhammadiyah 2 HM Syukur, Suharman, menyampaikan, toko yang baru dibuka ini khusus menyediakan sejumlah keperluan seperti pakaian pantas pakai, seprei, sepatu, topi, sandal dompet serta sejumlah barang lain. Sesuai namanya, masyarakat bisa mendapatkan sejumlah barang keperluan itu secara gratis alias tidak dipungut biaya.


    "Ke depan rencananya akan kami lengkapi juga dengan paket sembako," ujarnya di sela peluncuran.


    Ide membuka toko gratis, lanjut Suharman, berawal dari banyaknya pakaian pantas pakai yang tidak dimanfaatkan. Gayung bersambut. Sejumlah pihak tergerak menyumbangkannya apalagi di tengah situasi pandemi covid-19 seperti saat ini.


    Kemudian disepakati, sumbangan itu disalurkan kepada masyarakat dengan "metode" toko Shodaqoh gratis. "Pakaian dan barang-barang yang ada di toko merupakan sumbangan para donatur. Baik dari dalam kota (Kebumen, red) maupun luar kota," imbuhnya.


    Sejauh ini, masyarakat menyambut baik adanya toko Shodaqoh gratis ini. "Bagi masyarakat yang berminat bisa datang ke toko. Layanan kami buka seminggu sekali. Semua barangnya gratis. Hanya, bagi satu orang hanya boleh mengambil satu item barang. Kami juga mensyaratkan "pembeli" membawa identitas diri dan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker saat ke toko," imbuh Suharman.


    Ketua  Ketua RW 1 Kelurahan/Kecamatan Kebumen Sodikin, sangat mengapresiasi adanya toko Shodaqoh gratis yang didirikan PAYD) Muhammadiyah ini. Menurutnya, ini kali pertama ada ide semacam ini. Dan pastinya, sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan apalagi di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini.


    "Kami sangat mengapresiasi upaya ini. Sebelumnya belum pernah ada di lingkungan kami," ujar dia.

    Sementara itu, Ketua PCM Kebumen dr HM Chanifudin MHKes berharap, upaya ini dapat dirasakan manfaatnya oleh Umat dan masyarakat Kebumen. "Semoga akan terus lancar dan semakin besar manfaatnya bagi masyarakat," ujar dia. (cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top