• Berita Terkini

    Jumat, 14 Agustus 2020

    Bupati Purworejo Serahkan Puluhan Alsintan Kepada Petani

    PURWOREJO- Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) bantuan dari Kementerian Pertanian, Jumat (14/8/2020). Bertempat di Kantor Dinas Pertanian Peternakan Kelautan dan Perikana Purworejo (DINPPKP), 28 unit traktor roda dua yang diberikan ini merupakan realisasi dari sejumlah alsintan yang telah Pemkab usulkan kepada pemerintah pusat. 

    “Bantuan ini merupakan realisasi dari sejumlah alsintan yang kita usulkan, dan kami berharap usulan lainnya juga bisa segera direalisasikan oleh Kementerian Pertanian,” kata Bupati.

    Bupati menambahkan, krisis pandemi Covid-19 telah menambah sumber ketidakpastian di kalangan pelaku perekonomian termasuk petani. Namun dari sekian banyak sektor yang mengalami pertumbuhan minus, sektor pertanian masih mengalami pertumbuhan plus walaupun sangat rendah.

    Pembangunan pertanian untuk kedaulatan pangan memang menjadi salah satu prioritas pemerintah. Kedaulatan pangan dikatakan berhasil jika memenuhi parameter, yakni terpenuhinya kebutuhan pangan hasil produksi dalam negeri.

    Selain itu Kedaulatan pangan dapat berhasil jika kebijakan pangan dapat diatur secara mandiri, dan petani sebagai pelaku utama usaha pertanian terlindungi dan kesejahteraannya terjamin.

    Lebih jauh bupati mengatakan, berbagai program untuk mendukung pencapaian produksi pertanian seperti penyediaan dan perbaikan sarana dan prasarana pertanian tetap dilaksanakan.

    Salah satu kegiatan untuk pencapaian program tersebut diantaranya dengan penyediaan alat mesin pertanian sehingga terwujud modernisasi pertanian.

    “Melalui modernisasi pertanian diharapkan dapat mendorong minat masyarakat khususnya generasi muda terhadap dunia pertanian,” imbuhnya.

    Sementara itu DINPPKP Wasit Diono menjelaskan, dengan bantuan alsintan ini bersumber dari dana APBN tahun 2020 Kementerian Pertanian. Bantuan yang diberikan lewat kelompok tani berupa alsintan panen dan pasca panen. 

    Alsintan yang akan diberikan terdiri dari 30 unit traktor roda 2 untuk 30 kelompok, 7 unit traktor roda 4 untuk 7 kelompok, 4 unit Combine Harvestor untuk 4 kelompok, 9 unit rice trasnplaster untuk 7 kelompok, 10 unit power thresher untuk 10 kelompok, 4 unit power thersher multiguna untuk 4 kelompok, 3 unit corn shellee untuk 3 kelompok, 18 unit hand sprayer untuk 18 kelompok dan 28 unit pompa air untuk 18 kelompok.

    “Penerimaan alat berat ini adalah kelompok tani dan gabungan kelompok tani berjumlah 28 kelompok yang tersebar di 11 kecamatan. Alat didatangkan secara bertahap karena melihat tempat kami yang terbatas, dan menunggu proses pengiriman dari pihak ketiga” terang Wasit.(ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top