• Berita Terkini

    Sabtu, 04 Juli 2020

    Geruduk Kantor Desa, Warga Tuntut Sekdes Candi Mundur

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ratusan warga Desa Candi Kecamatan Karanganyar berbondong menggeruduk kantor desa setempat, Jumat (3/7/2020). Kedatangan warga lantaran geram dengan salah satu ulah perangkat desa yang diduga melakukan perselingkuhan. Perselingkuhan tersebut diduga dilakukan dengan mantan bidan desa setempat berinisial DH.

    Informasi yang berhasil dihimpun, desas-desus dugaan perselingkuhan yang dilakukan oleh Sekretaris Desa berinisial Kr tersebut telah lama didengar masyarakat. Namun yang paling mencuat, saat diketahui keduanya berduaan di rumah salah satu warga. Keduanya diketahui berada dalam salah satu kamar dimana penghuni rumah tengah pergi.

    Dengan mencuatnya kasus tersebut, warga menyampaikan aspirasi kepada Badan Permusyawarahan Desa (BPD) yang segera melakukan klarifikasi pada 28 Juni 2020 lalu. Pihak Sekretaris Desa pada kesempatan itu membuat surat pernyataan pengunduran. Surat tersebut juga dilengkapi dengan bermaterai. Kendati demikian, beberapa waktu berselang, Sekretaris Desa justru enggan meninggalkan jabatannya. Hal inilah yang memicu warga bereaksi.

    Ketua Karangtaruna Desa Candi Heksa mengemukakan kedatangan warga dilakukan lantaran Sekretaris Desa enggan meninggalkan jabatannya. Padahal pihaknya sudah membuat Surat Pernyataan Pengunduran Diri. Sebagai warga, Heksa juga menyayangkan adanya kejadian yang melibatkan perangkat desa tersebut. Adapun kedatangan warga dilakukan untuk mempertanyakan proses pemberhentian Sekretaris Desa tersebut. "Ini merupakan kemauan seluruh warga, karena menginginkan pemberhentian Sekretaris Desa sesuai prosedur yang ada," katanya.

    Kepala Desa Candi Sadi menyampaikan sudah melakukan langkah terbaik dalam mengupayakan penyelesaian perkara tersebut. Pihaknya pun memberikan pembinaan kepada Sekretaris Desa dan melindungi yang bersangkutan dari kemarahan warga. Namun demikian, pihak Sekretaris Desa sendiri yang berubah keputusannya. Ini setelah sebelumnya sempat menyatakan mundur dari jabatan.  "Setelah ini kami akan menerbitkan surat keputusan pengunduran diri sekretaris desa. Kami berharap masyarakat dapat menjaga kondusifitas dan kejadian ini menjadi pembelajaran perangkat desa agar tidak terulang," ucapnya.

    Sementara itu, Sekretaris Desa Candi yang turut hadir dalam pertemuan di balai desa setempat tidak memberikan keterangan apapun. Ketika dimintai tanggapan awak media, pihaknya enggan berkomentar. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top