• Berita Terkini

    Minggu, 19 April 2020

    Sepi Penumpang karena Corona, KA Joglosemarkerto Dihentikan Sementara

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Terhitung mulai tanggal 20 April hingga 30 April 2020, seluruh perjalanan KA Joglosemarkerto relasi Purwokerto-Solo - Semarang - Purwokerto pp, serta perjalanan KA Kamandaka relasi Purwokerto-Semarang pp.  Dibatalkan juga 4 perjalanan KA Prameks relasi Kutoarjo - Solo PP.

    Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto dalam keterangan persnya, Minggu (19/4/2020), menyampaikan pembatalan dan pemberhentian oprasional KA sementara itu akan dimulai tanggal 20 April 2020. Sebanyak 84 KA jarak jauh juga akan ikut imbas kebijakan ini. "Mulai 20 April 2020, 82 KA jarak jauh dan lokal di wilayah Daop 5 Purwokerto yang dibatalkan perjalanannya," ujar dia.

    Supri mengatakan pembatalan tersebut tak lain karena wabah corona. Imbas terus meningkatnya penyebaran virus covid-19 berdampak pula terhadap penurunan okupansi pada KA Joglosemarkerto dan KA Kamandaka.

    "Pada hari biasa, sebelum merebaknya covid-19, KA Joglosemarkerto okupansi penumpangnya rata-rata bisa mencapai 150%, Namun dengan semakin meningkatnya penyebaran virus covid-19, berdampak pula terhadap menurunnya okupansi KA Joglosemarkerto dan KA Kamandaka," ujar Supriyanto.

    Dengan demikian, perjalanan KA yang masih beroperasi melewati wilayah Daop 5 Purwokerto, meliputi KA Wijayakusuma, relasi Cilacap - Kroya - Surabaya Gubeng - Ketapang pp. Lalu, KA Bima, relasi Surabaya Gubeng - Purwokerto - Gambir PP. Untuk KA Ranggajati, relasi Cirebon - Purwokerto - Surabaya Gubeng - Jember pp sedangkan KA Kahuripan, relasi Blitar - Kroya - Kiaracondong pp.

    "Untuk KA yang masih operasional, PT KAI hanya membuka penjualan tiket sebanyak 50% dari kapasitas tempat duduk. Hal ini bertujuan untuk menjaga physical distancing antar penumpang di atas kereta," jelas Supriyanto.

    Di saat bersamaan, Supriyanto mengatakan PT KAI telah mewajibkan pemakaian masker bagi para penumpang terhitung mulai 12 April 2020.  Apabila calon penumpang menolak memakai masker saat boarding, PT KAI akan melarang masuk stasiun serta mengembalikan bea tiket 100%. Dan bagi penumpang diatas KA yang menolak memakai masker, akan diturunkan dalam perjalanan pada kesempatan pertama.
    "Ini sesuai kebijakan pemerintah serta rekomendasi WHO, yang mengharuskan masyarakat menggunakan Masker saat beraktivitas di luar rumah," ujarnya.

    Supriyanto menjelaskan, bagi calon penumpang yang KA-nya batal berangkat akan dikembalikan bea tiketnya 100%. Penumpang akan dihubungi melalui Contact Center 121 dan dipersilakan ikuti petunjuk selanjutnya. Apabila belum dihubungi, penumpang juga bisa membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI Access dan loket Stasiun.

    Pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian. Adapun untuk pembatalan di loket stasiun dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh dan Lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking.  "Untuk pembatalan uang akan langsung diganti secara tunai," katanya.

    ADapun untuk informasi kejelaskan pembatalan penumpang dapat menghubungi Contact Center KAI 121 melalui telepon di 021-121, email cs@kai.id, atau media sosial @kai121 untuk mendapatkan informasi terbaru tentang perjalanan KA-nya. "KAI memohon maaf kepada para penumpang yang perjalanannya tertunda dampak dari pembatalan sejumlah perjalanan KA. Perkembangan situasi dan informasi terkait perjalanan KA akan kami sampaikan lebih lanjut. Dan kita berdoa serta berharap semoga kondisi yang menimpa Bangsa Indonesia ini segera berakhir dan semua bisa kembali normal," jelas Supriyanto.
    Kepala Stasiun Kebumen, Abdul Aziz, mengatakan pihaknya mendukung kebijakan tersebut. Namun terkait pelayanan di stasiun Kebumen pihaknya menerapkan peningkatan keamanan dan pengecekan penumpang baik pendatang maupun keberangkatan. "Kami tidak membatasi kedatangan penumpang namun, untuk keamanan dan pencegahan covid-19 ini kami menerapkan protokol keamanan dengan ketat, sepeti scraning cek suhu tubuh dan penjagaan," katanya. (Fur/*)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top