• Berita Terkini

    Senin, 13 April 2020

    Sambut Hari Kartini, Waraga Kutosari Gelar Lomba Taman

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Upaya menarik dilakukan kaum perempuan di Desa Kutosari Kecamatan Kebumen. Menjelang peringatan Hari Kartini serta menyambut bulan Ramadan, kaum perempuan yang tergabung dalam Tim Penggerak PKK itu menggelar lomba taman.

    Alhasil, kini di setiap lorong dan gang gang nampak asri dengan berbagai jenis bunga dan tanaman toga. Selain asri, lingkungan juga tampak bersih karena tidak ada serakah sampah di wilayah tersebut.

    Ketua TP PKK RT 1 RW 2 Desa Kutosari Sri Hartati mengatakan, pembuatan taman disekitar halaman rumah warga ini berawal dari keprihatinanya melihat banyaknya sampah yang berserakan di sekitar lingkungan.

    Terlebih disaat maraknya wabah virus corona. Dari situlah, muncul ide bersama  untuk melakukan sebuah langkah agar terwujudnya lingkungan yang bersih dan sehat.

    Lomba ini sekaligus digelar dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada setiap tanggal 21 April. Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1441 Hijriah. " Di sisi lain kegiatan ini juga sebagai cara untuk mengajak masyarakat membudayakan hidup bersih sehingga terbebas dari segala macam penyakit. Terutama virus corona," kata  Sri Hartati, Sabtu (11/4/2020).

    Ia menambahkan, kegiatan ini memang tidak menjadikan lombanya sebagai hal utama. Melainkan, bagaimana mengajak masyarakat dapat terus menjaga kebersihan agar terwujud lingkungan yang bersih.

    Kasi Pertamanan Bidang Kebersihan dan Pertamanan Disperkim LH Kebumen Ahmad Nurofiq mengapresiasi kegiatan yang digelar para kaum ibu di Kutosari. Menurutnya, pembuatan taman rumah ini selaras dengan program pemerintah, terutama dalam hal penataan ruang yang meliputi penghijauan, keasrian, dan tanaman obat keluarga (Toga).

    "Ini bagus dan selaras dengan program pemerintah khususnya program penghijauan kota. Tentunya ini sangat bermamfaat bagi lingkungan dan kesehatan keluarga, "katanya.

    Adapun untuk penilaian dalam perlombaan ini yakni meliputi keasrian taman, keindahan, kebersihan, fungsi tanaman sebagai obat dan lainya yang berkaitan dengan lingkungan. (*)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top